Home > HEADLINE > Satgas Saber Pungli Jateng Goes To School Di SMA N Ungaran

Satgas Saber Pungli Jateng Goes To School Di SMA N Ungaran

UNGARAN[Kampusnesia] – Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar  (Saber Pungli) Jateng melakukan sosialisasi pencegahan pungli di lingkungan pelajar SLTA se-Jateng yang dikemas dalam Program Saber Pungli Goes To School.

Kepala Bidang Pembinaan SMA/SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Drs Bambang Supriyanto M.Pd mengatakan pelajar SLTA yang sekarang sedang menempuh pendidikan di bangku sekolah adalah asset bangsa Indonesia yang sangat tinggi nilainya.

“Oleh karena itu, mereka sejak dini perlu dibekali dengan semangat penguatan diri agar tidak sampai bersentuhan dengan praktek-praktek pungli dan korupsi,”  ujarnya saat menyampaikan paparan dalam kegiatan Saber Pungli Goes To School di aula SMAN Ungaran Kabupaten Semarang, Kamis (28/2).

Menurutnya, agar pelajar terbebas dari pengaruh pungli maka perlu dukungan semua pihak, terutama para kepala sekolah, guru, orang tua dan komite sekolah dalam mewujudkan suasana bebas pungli di sekolahan.

Upaya mewujudkan hal itu, lanjutnya,  bisa ditempuh dengan memulai hal-hal yang sederhana di lingkungan sekolah. Misalnya, pihak sekolah dalam memberikan proses pelayanan pendidikan dan pembelajaran menyajikan dengan baik dan prima, sehingga pelajar dan orang tua merasa puas atas pelayanan yang ada tanpa harus mengeluarkan dana ekstra karena sudah terstandar.

Dia menuturkan dengan demikian maka para pelajar dapat menyaksikan dan merasakan layanan yang berkualitas, sekaligus menyaksikan keteladanan yang dapat dijadikan contoh, acuan dan duplikasi yang baik jika suatu saat mereka menjadi pemimpin yang harus melayani masyarakat.

Tidak akan banyak artinya sosialisasi dan aksi saber pungli jika tidak ada keteladanan baik di lingkungan sekolahan maupun di lingkungan keluarga, karena itu semuanya harus bergerak bersama menghindari praktik-praktik pungutan dana yang tidak ada dasar hukumnya.

Nara sumber yang memberikan input meliputi dari Kejati Jateng, Polda Jateng dan Inspektorat Pemprov Jateng. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 88 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *