Home > EKONOMI & BISNIS > Pemkot Semarang Bakal Tangani Perbaikan Jalan Lebih Cepat

Pemkot Semarang Bakal Tangani Perbaikan Jalan Lebih Cepat

SEMARANG[Kampusnesia] – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bakal melakukan penanganan perbaikan jalan paling lama satu minggu, menyusul dioperasikan aplikasi katalog lokal dipercepat.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan salah satu aplikasi cepatnya perbaikan jalan tersebut adalah e-Katalog, karena melalui  e- Katalog lokal proses e-katalog yang lama sudah dapat dipercepat.

“Sebelumnya perbaikan jalan tanpa e- Katalog lokal membutuhkan waktu satu bulan paling cepat, namun saat ini dengan e-katalog lokal perbaikan jalan bisa selesai dalam dua hari sampai satu minggu,” ujarnya, Senin (18/3).

Menurutnya, untuk proses pengadaan barang dan Jasa, Pemkot menerapkan keterbukaan dari hulu sampai ke hilir atau dimulai dari proses perencanaan, pembangunan hingga pelayanan termasuk sistem pelaporannya atau hilir.

Aplikasi pertama yang diluncurkan adalah E-Government, sebuah sistem yang bisa mengontrol proses pengadaan barang dan jasa dari hulu sampai hilir.

Sementara dalam sistem perencanaan ada monev, di mana masyarakat bisa melihat dinas mana yang serapan anggarannya lambat, maupun yang belum melakukan lelang.

“Untuk sistem pengawasan Pemkot melibatkan masyarakat yang diserap langsung jemput bola kepada masyarakat seperti kegiatan jalan sehat, resik-resik kali, kunjungan ke-sekolah yang kini sering dilakukan. Selain itu bisa lewat LAPOR HENDI,” tutur Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu.

Hendi menuturkan dalam hal perijinan Pemkot juga telah menciptakan berbagai inovasi dengan menjunjung konsep keterbukaan di antaranya KRK, IUMK, IJus MELON, IPTB hingga masyarakat bisa melihat ijin yang diajukan sudah sampai mana dan apa kendalanya.(rs)

* Artikel ini telah dibaca 11 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *