Home > HEADLINE > BNNP Jateng 2019 Petakan Wilayah Rawan Narkoba Kota Semarang

BNNP Jateng 2019 Petakan Wilayah Rawan Narkoba Kota Semarang

SEMARANG[Kampusnesia] – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah tahun ini memetakan kelurahan rawan narkoba di wilayah Kota Semarang dan tercatat mencapai 11 kelurahan.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah Brigjen Pol Muhhamad Nur mengatakan pemetaan itu untuk tahun ini masih sekitar 11 kelurahan rawan narkoba di Kota Semarang.

“Kami petakan ada sekitar 11 kelurahan rawan narkoba di Kota Semarang,” ujarnya saat peluncuran Program Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) di Ruang Lokakrida, Gedung Moch Ihsan, Jumat (22/3).

Menurutnya, Kota Semarang saat ini berada di peringkat kedua setelah Surakarta terkait penyalahgunaan narkoba. Bahkan narkoba tidak hanya menyasar orang dewasa dan remaja, tapi sudah menyasar kalangan anak SD dan SMP.

“Semarang merupakan wilayah strategis letaknya untuk peredaran narkoba. Ada bandara, pelabuhan, perguruan tinggi, dan kawasan industri yang potensial untuk peredaran narkoba hingga masuk ke kampung-kampung, terutama yang memiliki angka kriminalitas tinggi dan ekonomi rendah,” tuturnya.

Kondisi itu, lanjutnya, dibutuhkan penanganan ekstra untuk mengatasi persoalan narkoba.

Sementara, pravelensi angka penyalahgunaan narkoba pada 2017 di Jateng mencapai 1,16% atau sekitar 310.105 jiwa, sehingga sangat mengkhawatirkan. Pada 2019 ini diprediksi akan meningkat menjadi 2%. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 134 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *