Home > HEADLINE > LKKNU Batang Dorong Lansia Tetap Jaga Kebugaran Tubuh Di Usia Senja

LKKNU Batang Dorong Lansia Tetap Jaga Kebugaran Tubuh Di Usia Senja

BATANG[Kampusnesia] – Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kabupaten Batang mendorong secara massif warga masyarakat berusia lanjut, agar tetap menjaga kebugaran sehingga dapat tetap menjalankan berbagai aktifitas.

Ketua Pimpinan Cabang LKKNU Ahmad Zaeni mengatakan lansia perlu meningkatkan pengetahuan hidup sehat, sehingga ketika menginjak usia senja, mereka bisa hidup lebih berkualitas.

“Para manula kami ajak untuk terus belajar bersama melalui berbagai kegiatan, di antaranya kegiatan seminar bertajuk Tetap Sehat di Usia Senja,” ujarnya selepas kegiatan seminar bertajuk Tetap Sehat Di Usia Senja, di aula Pendopo Kabupaten Batang, Minggu (7/4).

Acara itu dihadiri pula pengurus Harian Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Kabupaten Batang. Majelis Wakil Cabang (MWC), Muslimat NU dan Fatayat SE kabupaten Batang. Sedangkan Nara sumbernya ahli Kesehatan Jiwa pada Lansia dr Henny Rosita,SP,KJ  (dokter ahli jiwa) yang mengupas tenyang  kondisi kesehatan lansia secara fisik. Kemudian kiat menjadi Lansia Tangguh yang disampaikan oleh dr Tri Handoko MKes yang mengulik kiat-kiat dari sisi psikologis.

Menurutnya, ratusan manula yang mengikuti kegiatan tersebut, diberi kesempatan untuk mengetahui seluk beluk kesehatan jiwa dan fisik demi menyongsong kehidupan senja yang lebih berkualitas.

Pembekalan kepada para manula seperti ini, lanjutnya, akan ditambah frekuensi penyelenggaraannya , tidak hanya di cabang saja tetapi akan diselenggarakan hingga di level kecamatan atau MWC.

Dia menuturkan sudah tidak zaman lagi, di usia senja  didera sakit-sakitan dan berdiam diri. Lebih baik mengisi waktu usia senja dengan mengikuti kegiatan positif, sebagai tanda bahwa meskipun usia tua namun sehat dan bermanfaat.

Ketua Tanfidziyah PCNU Batang  Achmad Taufiq melalui Wakil Ketua Solichin mengatakan, setiap orang dengan usia 50 tahun ke atas, umumnya penyakit sudah mulai menyergap. Sebagai warga NU dianjurkan menjaga kesehatan agar panjang umur, dan tidak hanya panjang umur saja, melainkan juga harus sehat.

“Bahkan dalam islam sudah dianjurkan menjaga Kesehatan sebelum datangnya sakit, dan kunci panjang umur ada tiga terdiri syukur, sabar dan Qanaah atau menerima,” tuturnya. (wan/smh)

* Artikel ini telah dibaca 10 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *