Home > HEADLINE > Pemkab Demak Gelar Pelatihan Pengembangan Profesi Guru SMP

Pemkab Demak Gelar Pelatihan Pengembangan Profesi Guru SMP

DEMAK[Kampusnesia] – Sekda Kabupaten Demak dr Sunggih Setiyono MKes saat menyampaikan materi dalam Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama mendorong kepada peserta pelatihan untuk menjaga kesehatan dan menciptakan rasa bahagia di lingkungan keluarga.

Kegiatan yang dikemas dalam Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak 2019 itu berlangsung selama tiga hari (9-11/4) di ula BKPP Kabupaten Demak.

“Suasana keluarga yang bahagia dan sejahtera sangat mempengaruhi kinerja di tempat kerja.Untuk mencapai hal itu maka perlu mepakukan beberapa hal di antaranya Carilah roll model orang sukses dan bisa menjadi contoh, sehingga memengaruhi kita untuk melakukan hal-hal yang positif,” ujar Singgih di Demak, Rabu (10/4)

Menurutnya, selain itu selama menjalankan tugas jangan bermotivasi untuk kepentingan pimpinan, tetapi bekerja itu untuk kepentingan keluarga, dengan demikian maka dalam bekerja akan lebih bersemangat karena selalu teringat keluarga yang disayangi dan akan selalu dibahagiakannya.

Dia menuturkan batasan hidup sehat yang perlu dipahami meliputi sehat jasmani yakni stabil dan terkontrolnya Tensi, nadi, Rep Rate dan Heart Rate.

Sedangkan sehat rohani, lanjutnya, selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Sementara Sehat Sosial artinya Bisa bermanfaat dengan sekitar, karena banyak orang yang sehat jasmani rohani tetapi tidak mau berkumpul, bertemu dengan tetangga sekitarnya.

Disamping itu, ada batasan sejahtera yaitu tercukupi semua kebutuhan dan sebagian besar keinginan. Adapun persyaratannya memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang, mempunyai tabungan, minimal cukup untuk hidup 3-6 bulan, memiliki aset, yang setidaknya mendapatkan keuntungan.

“Selain itu ada batasan bahagia yang meliputi Perasaan senang yaitu Puas melakukan sesuatu, Bisa menghindari perbuatan yang merugikan diri dan keluarga, Selalu semangat/punya harapan hidup, Bisa bersyukur dalam semua suasana, Bisa menikmati apapun kondisinya, Bisa menolong Banyak orang, Tidak punya penyakit hati rasa isi, rasa dengki,” tuturnya .

Sedangkan permasalah yang sering menghambat di antaranya masalah keuangan dan masalah keuangan. Mulai dari manajemen Keuangan terkait  penghasilan dan pengeluaran, Masalah hutang ( beban yang harus dibayar), Saving/nabung minimal 10% penghasilan syukur bisa 20%n harus dipaksakan,  Tidak ada kartu kredit, Jangan menunda, Menambah aset,  Cukupi Kebutuhan  dan Kendalikan keinginan, Rencanakan keuangan yang baik kalau perlu konsultasikan dan Evaluasi Secara periodik (mingguan, bulanan)

Kepala Dindikbud Demak Drs Anjar Gunadi MPd Kabupaten Demak mengatakan  maksud dan tujuan diselenggarakan Pelatihan PKB adalah memberikan kesempatan bagi Guru SMP, khususnya dalam hal pengembangan diri melalui pelatihan/bimtek, memberikan motivasi kepada guru SMP untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas atau yang dikenai dengan sebutan PTK, menambah pengetahuan dan pemahaman kepada guru SMP dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas. (Faidlul Atiq/smh)

* Artikel ini telah dibaca 8 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *