Home > HEADLINE > Pasca Pemilu Ratusan Pemuda Pecinta Alam Galang Kerukunan

Pasca Pemilu Ratusan Pemuda Pecinta Alam Galang Kerukunan

BATANG[Kampusnesia] – Ratusan pemuda pecinta alam di Kabupaten Batang mengikuti Jambore Petualang yang dihelat Komunitas Pecinta Alam Racika Palm, selama dua hari mulai 20 hingga 21 April 2019 yang digelar di Kawasan Wisata Curug Gombong, Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang.

Ketua Racika Palm Rohman Yusuf mengatakan kegiatan ini merupakan bagian atau salah satu agenda untuk menggalang kerukunan pasca pesta demokrasi.

“Apalagi mengingat suasana seperti saat ini masih rawan terpicu gesekan antar pendukung masing-masing Paslon atau kandidat yang baru saja berkompetisi di arena pemilu, baik presdien maupun calon legislatif,” ujar Rohman di Batang , Minggu (21/4).

Menurutnya, Racika Palm memandang paska pemilu 2019 merupakan saat yang tepat utuk merajut kembali kebersamaan, pemuda pecinta alam perlu mengambil prakarsa untuk mencegah keretakan antar anak bangsa dan mencegah kerukunan.

Jambore Petualang, lanjutnya, adalah bagian dari kegiatan Kemah Pendidikan Lingkungan yang diikuti lebih dari 150 pemuda dari berbgai daerah di Kabupaten Batang, baik pelajar mahasiswa maupun yang sudah bekerja.

Dia menuturkan agenda kegiatan yang dilaksanakan dalam acara ini meliputi Camping, Temu Petualang, Pendidikan Lingkungan, Bhakti Lingkungan, live musik dan Lomba Kealaman.

Dalam lomba kealaman, tutur Rohman, peserta diberi berbagai tantangan baik tertulis maupun praktek dengan dewan juri independen dan berkompeten.
Lomba ini bagian dari semangat kompetisi anak muda agar saling berlomba-lomba dalam kemampuan beradaptasi di alam, adapun nanti yang menjadi juara dapat hadiah uang tunai dan piala.

Salah seorang peserta, Yuniarti arjun anggota Bismapala SMK Negeri 1 Batang menuturkan dalam kegiatan jambore petualang bisa berbaur dengan berbagai komunitas dengan latar belakang berbeda, sehingga selain mendapat pengalaman baru, juga memperoleh teman baru.

“Pada kegiatan ini sangat asyik, apalagi acara dikemas dengan kegiatan menarik dan memancing semangat kerukunan,” ujarnya. (wan/smh)

* Artikel ini telah dibaca 23 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *