Home > HEADLINE > FKUB Menjaga Kehormatan Agama Dan Pemeluknya

FKUB Menjaga Kehormatan Agama Dan Pemeluknya

SEMARANG[Kampusnesia] – Kehadiran dan peran institusi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ditengah keragaman agama yang dipeluk warganegara di sebuah negara multi etnis sangat penting.

Ketua FKUB Jateng Drs KH Taslim Syahlan MSi saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Konsultasi, Evaluasi dan Uji Publik Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Bidang Peraturan Perundang-undangan di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di Semarang , Kamis (2/5) mengatakan FKUB merupakan
ajang silaturahmi dan komunikasi antar pemuka agama .

“FKUB juga dapat dimaksimalkan untuk menjaga marwah atau kehormatan agama, sekaligus pemeluknya ditengah keragaman yang menjadi sumber kekuatan Indonesia,” ujar Taslim yang membawakan makalah berjudl FKUB dan Upaya Pencegahan Penodaan Agama.

Menurutnya, kasus penodaan agama tidak akan terjadi kalau para pemeluk Agama yang ada di Indonesia memiliki ketahanan diri dan kemampuan diri dalam menjaga dan memahami ajaran agamanya masing-masing.

Karena, lanjutnya, tidak ada satupun agama yang dianut warga negara Indonesia yang mengajarkan pemeluknya untuk menodai keyakinan sesamanya.

Dia menuturkan aktifitas komunikasi dan interaksi positif antar pemuka agama di tubuh FKUB dengan sendirinya menjadi sarana untuk saling mengingatkan keberadaannya yang sama-sama mengemban untuk menjaga kehormatan agama dan pemeluknya.

Oleh pemerintah, tutur Taslim, FKUB yang kelahirannya dipayungi dengan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomor 9 salah satu fungsinya sebag*ai solusi untuk mencegah terjadinya memungkinan penodaan agama.

Karena sudah sama-sama memahami dalam menjalani agamanya maka sikap atau tindakan menodai agama bisa dicegah sejak dini sekaligus dijaga kemuliaannya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 52 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *