Home > HEADLINE > PDI-Perjuangan Bakal Kembali Kuasi Kursi DPRD Provinsi Jateng

PDI-Perjuangan Bakal Kembali Kuasi Kursi DPRD Provinsi Jateng

SEMARANG[Kampusnesia] – PDI – Perjuangan dipastikan kembali akan menguasai kursi DPRD Provinsi Jateng, setelah diprediksi meraih 42 dari total 120 kursi wakil rakyat yang disediakan.

Partai berlambang banteng moncong putih tersebut usai pemilihan legislatif (Pileg) 2019 pada 17 April lalu diprediksi meraih 42 dari total 120 kursi wakil rakyat yang disediakan.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan dari rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan secara internal, partainya diprediksi meraih 42 kursi.

“Kami melakukan rekapitulasi berdasarkan hitungan DB1. Untuk hasil resminya tentu masih menunggu KPU,” katanya, Jumat (10/5/2019).

Pada Pemilu Legislatif 2014 lalu, PDI Perjuangan meraih 27 dari 100 kursi DPRD Jateng. Di Pemilu Legislatif 2019 ini, dengan penambahan daerah pemilihan (dapil), jumlah kursi di Gedung Berlian bertambah menjadi 120.

Bambang Krebo panggilan akrab Bambang Kusriyanto itu menuturkan perolehan 42 kursi telah memenuhi target maksimal yang dipatok.

“Target kami meraih 36 hingga 42 kursi. Jadi dengan perolehan ini, kami sangat puas,” tuturnya.

Ketua DPRD Kabupaten Semarang ini menatakan dari jumlah kursi yang didapat, 22 kursi merupakan petahana, dan 20 kursi diisi wajah baru.

Kursi terbanyak disumbangkan dari Dapil Jateng 6 (Sragen, Karanganyar, Wonogiri), dan Jateng 7 (Solo, Klaten, Sukoharjo). Kedua Dapil yang sejak lama menjadi lumbung suara PDI Perjuangan tersebut masing-masing menyumbang 5 kursi.

Perolehan tersebut, dia menambahkan tak didapat begitu saja, mengingat konsolidasi partai sudah dilakukan sejak lama. Mulai dari Pilkada PDI-P juga membentuk Pandu Juang, Komunitas Juang, hingga Cyber Juang.

Menurutnya, Pilkada serentak memiliki dua pengaruh. Banyak yang menyebut Pileg terabaikan, karena pemilih lebih berfokus ke Pilpres. Namun faktanya antusiasme warga datang ke TPS meningkat.

“Karena banyak yang datang ke TPS, angka golput bisa ditekan,” tutur Caleg DPRD Jateng Dapil Jateng 2 itu.

Dari data yang didapat, sejumlah nama incumbent diprediksi kembali terpilih pada Pileg kali ini di antaranya Ketua Komisi D Alwin Basri (Jateng 4), Ketua Komisi C Asfirla Harisanto (Jateng 11), Dyah Kartika Permanasari (Jateng 2), Ahmad Ridwan (Jateng 13), Maria Tri Mangesti (Jateng 1), dan Peni Dyah Perwitosari (Jateng 9).

Sementara sejumlah wajah baru yang terpilih di antaranya Bambang Kusriyanto (Jateng 2), A Baginda Muhammad Mahfuz H (Jateng 5), Eko Susilo (Jateng 8), Saiful Hadi (Jateng 10), Juli Krisdianto (Jateng 11), dan Pujo Widiono (Jateng 13). (rs)

* Artikel ini telah dibaca 21 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *