Home > HEADLINE > Silaturahmi Antar Tokoh Agama Perkuat Keutuhan NKRI

Silaturahmi Antar Tokoh Agama Perkuat Keutuhan NKRI

SEMARANG[Kampusnesia] – Saling mengunjungi dan mengucapkan selamat merayakan hari-hari besar agama antar tokoh agama di Indonesia, yang berbeda keyakinannya dapat memperkokoh keutuhan NKRI.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Tengah (FKUB Jateng) KH Drs Taslim Syahlan  MSi mengatakan langkah yang dilakukan para agamawan itu, sekaligus dapat mendinginkan suhu atau tensi politik yang sempat memanas paska pengumuman hasil rekapitulasi pemilu 2019.

“Bulan ramadlan dan Idul Fitri nampaknya belum sepenuhnya bisa menurunkan tensi politik, dengan adanya agenda silaturahmi dan saling mengucapkan serta mendoakan antar sesama agamawan yang berbeda keyakinan itu diharapkan dapat mendinginkan suasana,” ujar Taslim di Semarang.

Menurutnya, aktifitas sejumlah agamawan non Islam yang bersafari ke sejumlah ulama dan pondok pesantren di beberapa daerah di Jateng untuk mengucapkan Idul Fitri itu dapat mendorong pendewasaan seluruh umat beragama dalam menghadapi dan mensikapi adanya perbedaan.

Paling tidak, lanjutnya, dapat mengurangi rasa saling curiga dalam menghadapi perbedaan keyakinan dan diharapkan pula suasana ini juga akan merambah ke ranah politik.

Dia menambahkan sejumlah agamawan non muslim beberapa hari lalu melakukan roaddhow ke sejumlah ulama dan pesantren di Jateng.

Mereka itu, tutur Taslim, Romo Aloys Budi Purnomo Pr (Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata), YR Edy Purwanto Pr (Wakil Uskup/Vokjend), Andre MSF (Sejend), Ign Aria Dewanto SJ (ekonom), Ant Budi Wihandono Pr (Vikep Semarang) dan Herman Joseph Singgih Pr selaku pastor paroki Katedral Semarang.

“Silaturahim itu, juga diharapkan dapat merajut persahabatan dan persaudaraan dengan umat Islam. Idul Fitri dapat dijadikan momentum indah dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 23 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *