Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > Udinus Kembali Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia

Udinus Kembali Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia

SEMARANG[Kampusnesia] – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bakal kembali untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional yang akan digelar pada 20-23 Juni 2019 mendatang.

Ketua Pelaksana KRI Nasional 2019, Dr Ir Dian Retno Sawitri MT mengatakan ajang KRI Tingkat Nasional itu akan mempertemukan berbagai juara dari tingkat regional di Indonesia.

KRI Nasional 2019, lanutnya, merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. Ajang tersebut akan dipertandingkan di Graha Padma Sport Center. Kontes Robot Indonesia 2019 diikuti oleh 64 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Peserta yang mengikuti KRI tingkat Nasional di Udinus 2019 merupakan tim terbaik dari kontes robot tingkat regional. Regional dipecah menjadi 4 regional dan berdasarkan wilayah terdirei regional 1 meliputi area Sumatra, regional 2 meliputi Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sulawesi, regional 3 meliputi Jawa bagian tengah Kalimantan bagian timur dan selatan dan regional 4 meliputi Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Menurutnya, ajang KRI tingkat nasional terdiri dari 6 divisi perlombaan yang berbeda. Dari keenam divisi tersebut lima divisi telah lama dipertandingkan yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda. Satu divisi baru yang hanya dipertandingkan pada tingkat nasional yakni Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Udinus ditinjuk sebagai tuan rumah KRI tingkat Nasional merupakan sebuah kepercayaan dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Udinus terus mempersiapkan diri menyambut ajang besar yang akan terselenggara pada Juni tahun ini.

“Kami telah menjadi tuan rumah ajang KRI tingkat Nasional untuk kedua kalinya. Bahkan terus mempersiapkan diri secara penuh agar even akbar ini bisa terselenggara secara maksimal dan megah. Ditunjuknya sebagai tuan rumah menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Udinus,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait KRI tingkat nasional 2019.

Para juara dari tingkat Nasional, dia menambahkan akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional. Juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2019 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2019 di Mongolia.

Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2019 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2020 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2019 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2020. Sedangkan untuk Untuk KRSTI dan KRSBI Beroda belum diatur afiliasi-nya. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 53 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *