Home > HEADLINE > Puluhan Buruh Roda Makmur Sentosa Gelar Aksi Demo

Puluhan Buruh Roda Makmur Sentosa Gelar Aksi Demo

SEMARANG[Kampusnesia] – Puluhan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) menggelar aksi demo di depan Perusahaan PT Roda Makmur Sentosa Semarang, di Jalan Kaligawe Semarang, Senin (24/6).

Mereka menuntut perusahaan untuk kembali memperkerjakan beberapa buruh yang di PHK dengan alasan tidak jelas.

Kalangan  buruh itu dengan membawa poster tuntutan dan bendera, menggelar aksi unjuk rasa serta memblokir pintu masuk perusahaan tersebut.

Sebelumnya tujuh buruh yang membentuk serikat dikenakan PHK perusahaanu, hingga memicu digelarnya aksi tersebut.

Kordinator Lapangan Mulyadi mengatakan ada beberapa pelanggaran yang dilakukan pihak perusahaan, seperti PHK tanpa alasan 7 buruh usai mendirikan serikat. Pemutusan kontrak padahal buruh tidak pernah menandatangani kontrak. Parahnya, perusahaan ini juga sempat melarang buruh wanita mengenakan jilbab.

Desakan para buruh, lanjutnya, agar perusahaan merubah sistem kerja yang dianggap banyak merugikan. Bahkan, buruh mengancam akan mendatangkan massa dalam jumlah besar untuk membela hak buruh ke perusahaan yang bergerak dalam produksi sepeda tersebut.

Aksi buruh itu dalam penjagaan ketat puluhan petugas Polsek Genuk. “Kalian boleh demo, kalian boleh memperjuangkan hak. Namun, dengan catatan harus damai,” ujar Kapolsek Genuk, Zaenul Arifin.

Sementara itu, Tim Lembaga Bantuan Hukum Semarang akan melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh PT Roda Makmur Sentosa Semarang kepada Polda dan Gubernur Jawa Tengah

Laporan tersebut merupakan buntut dari penolakan pihak perusahaan atas tuntutan para buruh dalam unjuk rasa yang digelar di depan perusahaan itu.

“Kami banyak mendapat pengaduan dari kawan kawan buruh yang bekerja di perusahaan ini. Mereka mengaku dilarang mengerjakan sholat sebelum selesai jam kerja. Bahkan, perusahaan diduga memelihara anjing untuk mengejar para buruh yang tetap mengerjakan sholat,” ujar Ivan Ibrahim, Divisi Hukum dan Advokat Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi). (rs)

* Artikel ini telah dibaca 52 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *