Home > HEADLINE > Siswa Tata Boga SMK N 1 Sayung Dalami Peluang Usaha Ice Cream Champina

Siswa Tata Boga SMK N 1 Sayung Dalami Peluang Usaha Ice Cream Champina

SURABAYA[Kampusnesia] -Siswa jurusan Tata Boga SMK Negeri 1 Sayung Demak dalami strategi kemampuan menangkap peluang usaha ke Champina Ice Cream Industry (TBK) Surabaya.

Guru pengampu mata pelajaran Produksi Kreatif dan Kewirausahaan SMK N 1 Sayung Sudewi SPd mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program Kunjungan Kerja Industri (KKI) yang harus diikuti para siswa untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensinya.

“Champina adalah produsen ice cream yang sukses merebut selera konsosumen, sehingga produknya menguasai pasar nasional,” ujar Sudewi disela mendampingi peserta didiknya saat berkunjung ke pabrik ice cream Champina Surabaya, Rabu (26/6)

Menurutnya, dalam program KKI ini peserta didiknya ditekankan untuk mendalami dan mengenali strategi produsen ice cream yang sudah mencatatkan sahamnya di lantai bursa efek Indonesia (BEI) ini dalam merespon selera konsumen sehingga produknya makin digemari masyarakat.

Dengan menyerap strategi peluang pasar, lanjutnya, para siswa dapat mengambil semangat dan inspirasi bagaimana meyakinkan pangsa pasar menggemari produk makanan yang dipasarkan.

Dia menambahkan, kelak setelah lulus dari SMK, peserta didik dapat membangun karier sebagai wirausahawan yang bergerak di produk makanan, tidak sebagai karyawan atau buruh pabrikan.

Untuk itu, tutur Sudewi, sejak dini mereka dikenalkan dengan strategi membaca kemauan pasar atau konsumen yang dibidiknya. Berdasarkan catatan pengalaman agar dapat menjadi enterpreneur yang tangguh dibutuhkan pengalaman panjang 5 hingga 10 tahun.

Oleh karena, begitu lulus sekolah meski sudah mengantongi keahlian dan kompetensi di bidang boga disarankan untuk menggali pengalaman dengan mengikuti proses magang atau bekerja di perusahaan yang sudah maju.

“Saat bekerja atau magang itulah pengalaman memenej hambatan dan membaca peluang didalami lebih intens untuk dijadikan bekal pada saat yang bersangkutan terjun sebagai wirausahawan di bidang jasa boga, pengalaman yang didapat bisa langsung diaplikasikan,” ujarnya (smh)

* Artikel ini telah dibaca 71 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *