Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > Speaklah Ajak Anak Muda Belajar Berpresentasi Dengan Percaya Diri

Speaklah Ajak Anak Muda Belajar Berpresentasi Dengan Percaya Diri

SEMARANG[Kampusnesia] – Speaklah kembali menggelar kegiatan kelas Public Speaking, sebagai upaya untuk mendorong kalangan anak muda lebih berani tampil di depan umum. Kegiatan itu diselenggarakan di Pullens Cafe and Resto Semarang, Sabtu (6/7).

Speaklah merupakan kelas public speaking yang didirikan oleh Fadel Karnen (MC, Penyiar Radio dan Public Speaker), Grace Cantona (MC & Penyiar Radio Sanora FM) dan Bayuangop (MC, Presenter TV & Penyiar Radio Sanora FM).

Kegiatan kali ini dengan mengusung tema “How To Be A Good Presentation” mengajak masyarakat dari berbagai kalangan, terutama anak muda untuk belajar presentasi dengan baik dan percaya diri. Ada beberapa kelas dari Speaklah di antaranya Public Speaking, Broadcasting, MC dan Personal Branding.

Peserta akan diajak belajar untuk presentasi lebih berani, bahkan harus percaya diri. Bisa menjadi penjajar atau MC yang sekarang bukanlah hanya sekedar mimpi, namun bisa meraihnya mulai sekarang lewat Public Speaking.

Bayuangop selaku pengajar dari Speaklah mengatakan dalam sebuah presentasi yang paling penting harus mengetahui siapa aundience yang sedang dihadapi, selain itu juga harus dapat memposisikan diri sendiri sebagai aundience, karena berbicara adalah untuk aundince.

Ada beberapa aspek, lanjutnya, ketika melakukan presentasi di anyaranya menceritakan latar belakang dari apa yang akan dipresentasikan, selanjutnya menjelaskan tujuan dan harapan agar orang merasa tertarik akan presentasi yang dibawakan.

Dalam sebuah presentasi, menurutnya, power point yang dibuat setidaknya jangan sampai membuat aundience merasa bosan. Buatlah presentasi singkat, namun berkesan dan dapat diingat aundience.

“Sebelum melakukan presentasi di depan umum, kita harus sering berlatih dengan diri sendiri. Salah satunya dapat memvideokan melalui gadget bagaimana cara kita untuk melakukan presentasi, dengan demikian kita lebih tahu apa kekurangan dan apa yang harus dibenahi,” ujarnya.

Selain memberikan pengarahan dan penjelasan, tutur Bayu, juga dapat mengajak peserta untuk praktek langsung sesuai materi yang sudah didapatkan. Dengan deikian, pengajar akan mampu memberikan saran dan evaluasi dari apa yang sudah dipresentasikan peserta.

Speaklah merupakan salah satu kelas public speaking untuk mengenal dan menggali potensi diri sendiri.  Banyak anak muda yang ahli dalam berbagai segala bidang, namun belum mempresentasikan apa yang ingin disampaikan dengan baik. Kelas ini mampu melatih  untuk berani tampil di depan umum.

Banyak anak muda yang sekarang punya banyak cita cita, mulai dari youtuber, pengusaha, atau mungkin menjadi pegawai kantoran. Namun saat ini sudah banyak anak anak muda yang tertarik untuk masuk kedunia Public Speaking.

Terbukti bahwa sekarang banyak universitas yang berlomba lomba membuka jurusan komunikasi dan terbukti pula tiap tahunnya dipenuhi mahasiswa baru hingga menjadikan komunikasi menjadi salah satu jurusan yang favorit sekarang ini. Berbicara mengenai dunia Public Speaking, banyak sekarang anak anak muda yang tertarik untuk menjadi MC dan Penyiar Radio serta pengajar.

Bak secangkir kopi, Public Speaking dengan MC & Penyiar Radio adalah hal yang tidak dapat terpisahkan. Ibarat Public Speaking adalah bubuk kopi dan MC & Penyiar Radio adalah airnya. Dua hal ini saling berhubungan dan berpusat pada satu hal, Yaitu kopi atau dalam hal ini Public Speaking. Lalu bagaimana agar bisa memiliki dasar Public Speaking yang bagus? Anda bisa belajar di Speaklah Let’s  Speak. (Novi Ratna Sari)

* Artikel ini telah dibaca 44 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *