Home > HEADLINE > FKPT Jateng Dorong Para Kepala Daerah Fasilitasi Satlinmas Dalam Cegah Terorisme

FKPT Jateng Dorong Para Kepala Daerah Fasilitasi Satlinmas Dalam Cegah Terorisme

SEMARANG[Kampusnesia] – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Jawa Tengah (FKPT Jateng) mendorong para kepala daerah agar memaksimalkan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) melindungi masyarakat dari ancaman dan terorisme.

Ketua FKPT Jateng Dr Drs Budiyanto SH MHum mengatakan para aktor teroris belakangan ini menggeser lokasi persembunyiannya ke tengah-tengah masyarakat dengan menyewa tempat tinggal di kawasan perkampungan.

“Mereka melakukan penyamaran dengan menjalankan berbagai aktifitas sosial di tengah masyarakat hanya untuk mengelabuhi lingkungannya,” ujar Budiyanto di Semarang, Kamis (11/7).

Menurutnya, selain untuk mengelabuhi lingkungan sekaligus juga untuk menyembunyikan identitas, jaringan  dan aktifitas yang sebenarnya dilakukan.

Kalau manuver seperti ini tidak terdeteksi, lanjutnya, akan membahayakan keselamatan masyarakat, karena ditengah kelengahan masyarakat itu para aktor teroris bisa melakukan aksinya.

Dia menambahkan kemampuan dalam memahami dinamika lingkungan, deteksi dini, kewaspadaan dini dan cepat melapor ke aparat jika menemukan tanda-tanda akan munculnya gerakan terror, yang selama ini dikuasai aparat Linmas hendaknya dapat ditularkan kepada masyarakat.

Sehingga, tutur Budiyanto, masyarakat yang sudah terlatih dengan kemampuan yang ditularkan oleh aparat Linmas itu semakin berdaya dalam mencegah aksi teror secara mandiri.

Namun, karena keterbatasan masalah teknis dan akomodasi aparat Linmas yang berada di lini terdepan menjadikan program kemitraan Linmas – masyarakat banyak  menemui kendala, karena itu para kepala daerah harus turun tangan membantu mengatasi kendala ini .

Langkah Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Tengah (Satpol PP Jateng) yang pada pertengahan Juli ini menggelar kegiatan Peningkatan Ketrampilan Deteksi Dini Bagi Anggota Satlinmas Jawa Tengah di Kebumen perlu diapresiasi dan ditindaklanjuti para bupati/walikota di Jateng.

“Para bupati dan walikota hendaknya menindaklanjuti prakarsa Satpol PP Jateng itu dengan memfasilitasi Satlinmas di daerahnya dalam melakukan penguatan pencegahan terorisme bersama masyarakat,” tuturnya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 33 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *