Home > HEADLINE > Pelantikan Anggota DPRD Jateng Periode 2019-2024 Dilaksanakan September 2019

Pelantikan Anggota DPRD Jateng Periode 2019-2024 Dilaksanakan September 2019

SEMARANG[Kampusnesia] – Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah hasil pemilihan legistatif (Pileg) 2019 dipastikan bakal dilantik  Sepember 2019 mendatang dan dijadwalkan akan digelar di Auala lantai IV Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang.

Sekretariat Dewan (Setwan) Jateng Urip Sihabudin mengatakan pelantikan sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah (Jateng) hasil pemilihan legistatif (Pileg) 2019  dijadwalkan pada  Sepember mendatang.

Upacara pelantikan anggota dewan baru, lanjutnya, akan dilaksanakan di auala lantai IV Gedung Berlian oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jateng.

Pelaksanaan pelantikan, masih menuggu keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng tentang perolehan suara partai politik dan nama-nama 120 anggota dewan.

“Kami saat ini juga mulai melakukan penataan ruang-ruang komisi dan fraksi serta pengadaan meubelair, meja dan kursi,” ujarnya, Selasa (16/7).

Selain itu, lanjutnya, ruang Komisi dan Fraksi kini juga dilakukan penataan ulang karena jumlah anggota DPRD Jateng yang semula 100 orang menjadi 120 orang, sehingga jumlah anggota Komisi dan Fraksi juga bertambah, seperti Fraksi PDIP menjadi 42 orang dari semula 27 orang, Ftraksi PKB dari 10 orang menjadi 20 kursi.

Menurutnya, penataan ruang Komisi dan Fraksi yang berada di lantai IV dan V Gedung Berlian kemungkinan tidak bisa maksimal, karena keterbatasan ruang yang ada. Namun, tengah dipayakan untuk membuat nyaman anggota dewan melakukan tugas kedewanan.

Urip menuturkan pada acara pelantukan anggota DPRD baru periode 2019-2024 itu, pihaknya akan sekitar 800 tamu undangan. Tamu undangan berasal dari berbagai kalangan di antaranya Bupati/Walikota, Ketua DPRD Kabupaten/kota, partai politik, badan eksekutif mahasiswa (BEM), organisai kemasyarakatan dan lainnya.

“Untuk 120 anggota DPRD baru yang diundang hanya suami atau istri, dan anak masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu,  Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jateng, Muslim Aisha, mengatakan keputusan penetapan hasil perolehan suara parpol dan nama 120 anggota DPRD Jateng menunggu hasil sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu, lanjutnya, karena ada dua partai politik yang mengajukan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 ke MK terdiri Partai Demokrat yang menggungat hasil penghitungan suara di daerah pemilihan (dapil) 6 Jateng dan PPP menggugat di dapil 8 Jateng.

“Sesuai jadwal, majelis hakim MK akan membacakan putusan persidangan sengketa PHPU pada Agustus 2019. Setelah ada keputusan MK, maka KPU Jateng segera menindaklanjuti dengan menetapkan perolehan kursi dan nama-nama anggota DPRD Jateng masing-masing partai politik,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 412 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *