Home > HEADLINE > ASEAN School Games 2019 Jadi Ajang Promosi Wisata Kota Semarang

ASEAN School Games 2019 Jadi Ajang Promosi Wisata Kota Semarang

SEMARANG[Kampusnesia] – Setelah sukses menggelar event olahraga bertaraf internasional MXGP of Asia 2019, Kota Semarang kembali ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN School Games 2019.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi secara langsung mendapat giliran menerima estafet untuk membawa obor ASEAN School Games dari Lawang Sewu, didampingi jajaran pimpinan daerah serta berbagi komunitas di Kota Semarang berlari hingga menuju Balaikota Semarang.

“Saya ucapan terima kasih karena Kota Semarang diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Asean School Games ke-11- 2019 dan semuanya telah mempersiapkan tempat pertandingan secara khusus, serta melakukan promosi untuk menyukseskan pesta olah raga pelajar se-ASEAN itu,” ujarnya, Rabu (17/7)

Kota Semarang, lanjutnya, sudah ditunjuk menjadi tuan rumah Asean School Games 2019 dan diharapkan tentu selaku tuan rumah, mudah-mudahan di Kota Semarang kontingen Indonesia bisa menjadi yang terbaik

Dia menuturkan event ASEAN School Games 2019 bisa menjadi ajang promosi wisata di Kota Semarang, sehingga makin dikenal dunia, Asean School Games ini tidak hanya disiarkan di Indonesia saja, minimal di 10 negara Asean peserta kejuaraan juga ikut menyiarkan, maka Kota Semarang bakal menjadi lebih dikenal di kalangan dunia.

“Kepada seluruh warga masyarakat mari kita sambut event ini, nyengkuyung dan sukseskan Asean School Games,” tutur Hendi

Sementara itu, Asisten Deputi Pembibitan dan Ilmu Pengetahuan Teknologi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Washington Galingging mengatakan ada tiga target di event ASEAN Schools Games 2019, di antaranya mengenalkan Kota Semarang, menyambut delegasi negara – negara di ASEAN, dan mengejar prestasi olahraga.

“Target pertama untuk mempromosikan salah satu daerah di Indonesia yaitu Semarang, target kedua bagaimana menservice mereka dengan ramah, kemudian prestasi olahraga. Target sementara tahun ini 18, tahun lalu 15. tahun ini optimis juara umum,” ujarnya

Dia menambahkan terkait kesan para delegasi negara tetangga di ASEAN tentang Kota Semarang, dinilai baik dan memiliki arena yang sudah memadai.

“Sejauh ini mereka excited Semarang seperti apa, karena yang dikenal baru Bali atau Jakarta. Sedangkan untuk venue sudah memadai, sudah memenuhi standar dan bersih,” tutur Washington

ASEAN School Games 2019 akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga terdiri Bulutangkis, Renang, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Basket, Volly, Atletik, Sepak Takraw, dan Pencak Silat, dengan total 117 nomor tanding. Tak kurang dari 1.600 atlet berpartisipasi, yang mewakili 10 negara di Asean.

Pesta olahraga pelajar itu diikuti 1.578 atlet dari 10 negara meliputi  Thailand, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Brunai Darussalam, Laos, Filipina, Singapura dan Indonesia.

Sedangkan untuk pertandingannya akan diselenggarakan menyebar di Kota Semarang, seperti Tri Lomba Juang untuk atletik, tenis meja, tenis Lapangan. Untuk bulu tangkis akan dilaksanakan di GOR Universitas Semarang, Bola Basket di GOR Sahabat, Sepak Takraw di GOR Unika Soegijapranata, Renang di Stadion Jatidiri, Volly di GOR UIN Walisongo, dan Pencak Silat di Patra Hall & Convention Hotel. (Andi Saputra)

* Artikel ini telah dibaca 204 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *