Home > HEADLINE > Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024 Ucapkan Sumpah Janji

Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024 Ucapkan Sumpah Janji

SEMARANG[Kampusnesia] – Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang periode 2019-2024 resmi dilantik dan mereka mengucapkan sumpah janji, di ruang paripurna Gedung DPRD Kota Semarang, Rabu (14/8).

Dari sebanyak itu, tercatat 33 anggota dewan di antaranya merupakan petahana dan sisanya 17 merupakan wajah baru.

Ketua DPRD Kota Semarang sebelumnya periode 2014-2019 Supriyadi langsung menyerahkan kepemimpinan DPRD kepada Ketua dan Wakil Ketua Sementara Kadarlusman dari PDIP, sebelum dipilih ketua definitif.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang sementara dijabat Abdul Majid dari Partai Gerindra. Pemilihan tersebut berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 165 ayat 1 dan ayat 2, di mana pimpinan DPRD kabupaten/kota memilih pimpinan sementara sebelum terpilih pimpinan definitif. Pimpinan tersebut diambil dari dua partai politik yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilu.

Kadarlusman mengatakan setelah ini pihaknya segera menggelar beberapa agenda mulai dari pembentukan tata tertib, pembentukan alat kelengkapan dewan baik komisi maupun fraksi. Sementara untuk pimpinan definitif pihaknya menunggu dari masing-masing partai.

“Kami persiapkan cepat untuk pembentukan tata tertib dan berkoordinasi dengan Setwan, agar satu bulan bisa selesai,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, beberapa agenda juga akan digelar mulai dari rapat paripurna, pembentukan fraksi, serta fasilitasi pemilihan ketua definitif DPRD Kota Semarang.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengucapkan selamat pada para anggota DPRD Kota Semarang yang telah dilantik.

Dia mengharapkan ke depan ada sinergi antara dewan dengan eksekutif untuk memajukan Kota Semarang, mengigat sampai saat ini masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan bersama, misalnya pengolahan sampah menjadi listrik, pembangunan rumah sakit tipe D, sport center di tiap kelurahan dan kecamatan serta pengembangan obyek wisata dan lainnya.

“Dari sebanyak 50 anggota dewan, ada 17 nama baru. Kami harapkan tentunya mereka bisa langsung melebur dengan yang lama, belajar tata cara birokrasi dan aturan, sistem kerja seperti apa,” tutur Hendi panggilan akrab Hendrar Pruahdi itu.

Hendi juga meminta dewan terpilih segera menuntaskan janji-janji kepada masyarakat dan yakin berbagai janji yang diberikan para anggota dewan merupakan cara untuk kemajuan Kota Semarang.

Seusai pelantikan itu, lima anggota DPRD dari tiga partai melakukan negoisasi selama dua jam dengan perwakilan pendemo dari aliansi mahasiswa se-Kota Semarang. Mereka berlima menandatangani pakta integritas yang sudah disiapkan.

Lima Anggota DPRD Kota Semarang yang menemui masing-masing Kadarlusman dari PDI-Perjuangan, Mualim, Joko Santoso, Herlambang Prabowo dari Gerindra dan Wiwin Subiyono dari Partai Demokrat.

Oleh lima perwakilan mahasiswa mereka didesak untuk menyampaikan kepada badan kehormatan agar memproses kembali dugaan kasus perselingkuhan dan amoral yang melibatkan anggota DPRD Kota Semarang

“Kami ingin Badan Kehormatan tidak seperti macan ompong untuk  bisa memproses kembali permaslahan tersebut,” ujar Azizi di hadapan lima anggota DPRD kota Semarang, Rabu 14/8).

Selain menekan hal tersebut kelima anggota dewan juga menandai pakta integritas yang berisi enam tuntutan di antaranya berjanji untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi, penyalahgunaan narkoba dan amoral.

Kadarlusman yang mewakili anggota dewan usai menandatangani pakta integritas menuturkan apresiasi kepada pengunjuk rasa atas kontrol yang ditujukan pada anggota DPRD. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 14 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *