Home > HEADLINE > Tokoh Lintas Agama Semarang Himbau Masyarakat Pelihara Toleransi

Tokoh Lintas Agama Semarang Himbau Masyarakat Pelihara Toleransi

SEMARANG[Kampusnesia] – Sejumlah tokoh lintas agama di Semarang yang tergabung dalam Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) menghimbau kepada masyarakat agar menjaga dan memelihara semangat toleransi dalam berbangsa dan bernegara.

Himbauan itu disampaikan melalui pernyataan sikap terkait dengan terjadinya tindakan represif dan ungkapan rasial kepada mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, sehingga menyulut kerusuhan di Manokwari dan beberapa tempat di Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu.

“Kami mengimbau masyarakat untuk bersikap terbuka dan toleran terhadap perbedaan ras, etnis, agama, bahasa, dan adat istiadat,” ujar Koordinator Pelita Semarang, Setyawan Budy di Semarang, Selasa (20/8)

Menurutnya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk sejak awal oleh karenanya sikap yang luwes dan toleran dalam hidup bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat adalah sebuah keniscayaan yang selalu harus diusahakan.

Pendeta Rahmat Rajagukguk dari PGI Wilayah Jateng mengajak masyarakat untuk memelihara kerukunan dan perdamian. “Mari kita rajut persaudaraan dalam perbedaan,” tuturnya.

Romo Didit dari Keuskupan Agung Semarang juga mengajak masyarakat untuk mendorong semangat dan sikap persaudaraan dalam keberagaman pada laku hidup sehari-hari dengan merangkul orang yang datang dari daerah lain untuk bersekolah dan atau bekerja sebagai bagian dari komunitas masyarakat sendiri.

Sementara Dwi dari Perempuan Penghayat Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi dan meminta agar semangat kemerdekaan 17 Agustus dapat menjadi pemersatu dan menguatkan perdamaian.

“’Kami sangat menyayangkan insiden itu, dan kami ada di sini bersama Papua,” ujarnya. (smh)

 

* Artikel ini telah dibaca 13 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *