Home > HEADLINE > Pemkab Demak Siapkan Dana Rp30 Miliar Untuk Biayai Pilkada 2020

Pemkab Demak Siapkan Dana Rp30 Miliar Untuk Biayai Pilkada 2020

DEMAK[Kampusnesia] – Pemkab Demak menyiapkan dana sebesar Rp30 miliar untuk membiayai pelaksanaan Pilkada yang dijadwalkan akan berlangsung  2020 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Kabupaten Demak, Bambang Setyo Budi mengatakan anggaran pesta demokrasi di Demak tahun depan sebesar itu, merupakan keputusan bersama dalam rapat koordinasi KPUD Demak dengan Pemkab Demak beberapa waktu lalu.

“Dana sebesar itu akan dikucurkan dalam dua kali tahun anggaran, 2019 dan 2020. Komposisinya sebagian besar ada di APBD 2020,” ujarnya di Demak, Senin (2/9).

Menurutnya, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang akan menjadi payung hukum alokasi anggaran Pilkada itu, baru akan ditandatangani pada 1 Oktober mendatang.

Sedangkan prioritas kegiatan yang akan dilakukan pada tahun adalah penguatan kapasitas internal KPUD Demak, lokakarya peningkatan  partisipasi masyarakat dalam Pilkada dan sosialisasi  pesta demokrasi rakyat untuk memilih bupati dan wakil bupati Demak tahun depan.

Selain mengandalkan program sosialisasi, lanjutnya,  Pilkada yang disiapkan KPUD, untuk meningkatkan kuantitas dan sosialisasi akan mendorong kepada stakeholders agar berpartisipasi mensosialisasikan pesta demokrasi ini.

Selain itu, dia menambahkan KPUD Demak  juga mengharapkan kepada media massa dan insan pers juga turut berpartisipasi aktif untuk mendorong masyarakat agar menggunakan hak politiknya dengan memilih kandidat uang ada

“Jangan sampai  angka golputnya meningkat dalam Pilkada kali ini, biasanya tingkat partisipasi Pilkada lebih rendah dibanding dengan Pileg. Kali ini kami akan berusaha agar golputnya bisa ditekan,” tuturnya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 61 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *