Home > HEADLINE > Legislator PKB Siap Dijewer NU

Legislator PKB Siap Dijewer NU

SEMARANG[Kampausnesia] –  Legislator  PKB harus merasa menjadi bagian dari Nahdlatul Ulama (NU), sehingga setiap gerak langkahnya terkait dengan tugas kedewanan harus seiring dan seirama dengan langgam dan garis perjuangan NU.

Sekretaris Jendral DPP PKB , Hasanudin Wahid mengatakan hubungan PKB dan NU diibaratkan antara anak dan orang tua yang tidak bisa diputus dengan alasan apapun. PKB adalah anaknua NU,  Kalau legislator PKB dinilai melenceng siap dijewer NU.

“Oleh karena itu sebelum bertugas di parlemen, pimpinan PKB minta agar Rois Syuriah NU Jateng, KH Ubaidullah Shidaqoh, SH  membai’at para calon pimpinan fraksi dan dewan dari PKB,” ujar Hasanudin.

Prosesi bai’at  dilaksanakanb dalam acara silaturahmi PWNU dan PCNU se-Jateng bersama DPW PKB Jateng sekaligus Pembekalan dan Pemberian Mandat Calon Pimpinan & Fraksi PKB  Provinsi-Kabupaten se-Jateng  di cafe Tali Jagat PWNU Jateng, Jl Dr Cipto 180 Semarang, Senin malam (2/9).

Menurutnya, prosesi  bai’at yang dipandu rois Syuriyah PWNU Jateng, KH Ubaidullah Shidaqoh, SH dan disaksikan para pengurus cabang NU sr-Jateng ini memiliki makna penting,  para legislator mengikatkan diri untuk selalu berkomitmen terhadap perjuangan NU.

Dalam bai’at itu para calon pimpinan legislator di parlemen-parlemen lokal di Jateng di antaranya menyatakan komitmennya untuk selalu berkonsultasi kepada pimpinan NU dalam menjalankan fungsi dewan terutama terkait dengan tugas legislasi, budgeting dan kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

Ketua dewan tanfidz DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlory menuturkan dalam pemilu legislatif 2019 PKB berhasil menempatkan wakilnya di 34 DPRD kabupaten/kota se-Jateng, hanya satu yang gagal mengantarkan kadernya di parlemen lokal, yakni DPRD Kota Surakarta.

“Mengiringi sukses itu, PKB berhasil menempatkan politisinya sebagai pimpinan dewan di 29 DPRD yang empat di antaranya sebagai  ketua dewan meliputi DPRD Kabupaten Tegal, Pekalongan, Batang dan Kendal,” ujar Gus Yusuf.

Menurutnya, untuk DPRD Jateng, sebagai partai pemenang kedua setelah PDIP, PKB berhak menempatkan legislatornya sebagai salah satu pimpinan dewan (wakil ketua).

Total kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Jateng dari PKB yang didapat dalam Pileg 2019 sebanyak 243 kursi, meningkat dari Pemilu 2014 yang hanya 196, DPRD Jateng (20 kursi) meningkat dari sebelumnya (13) dan DPR RI (13) dari sebelumnya (10). (smh)

* Artikel ini telah dibaca 22 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *