Home > HEADLINE > Mahasiswa Baru Universitas Surakarta Deklarasikan Tolak Terorisme Masuk Kampus

Mahasiswa Baru Universitas Surakarta Deklarasikan Tolak Terorisme Masuk Kampus

SOLO[Kampusnesia] – Sebanyak 600 mahasiswa baru Universitas Surakarta (UNSA) mendeklarasikan pencegahan gerakan radikalisme dan terorisme di lingkungan kampus.

Mereka mendeklalasikan anti radikalisme itu, seusai mengikuti paparan Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme di Kampus yang disampaikan Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah, Syamsul Huda, Jumat (6/9).

Mahasiswa baru sebanyak itu dipandu mahasiswa senior panitia pengarah program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademi 2019/2020 di aula kampus UNSA, juga mengumandangkan slogan penolakan ideologi radikalisme dan  terorisme melalui cara apapun di dalam kampus.

Sekretaris FKPT Jateng, Syamsul Huda mengatakan mahasiswa baru harus waspada dan jangan mudah menerima  ajakan pihak -pihak tertentu untuk bergabung dengan gerakan radikal teror.

“Kenapa mahasiswa  dan masyarakat kampus yang disasar?. Karena dengan memililki basis gerakan di kampus setiap tahun mereka berkesempatan merekrut kader baru dengan mudah,” ujar Syamsul.

Menurutnya, dengan memiliki  basis gerakan di kampus itulah maka setiap awal tahun akademi mereka dengan mudah merekrut anak-anak muda lulusan SLTA  yang membanjiri perguruan tinggi  untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Dia menambahkan, agar agenda busuk pembiakan ideologi radikal teror tertolak secara otomatis di kampus, maka lingkungan kampus mulai dari komunitas mahasiswa karyawan, dosen maupun pengelola PT harus bersih dan steril dari pengaru radikal teror.

Sterilisasi bisa dimulai dari kalangan mahasiswa baru saat mengikuti kegiatan orientasi ini, selanjutnya diikuti oleh karyawan dan dosen. Begitu dalam dan luasnya cakupan gerakan penolakan radikal teror, dibutuhkan keseriusan rektor untuk memprioritaskan program ini secara massif. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 59 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *