Home > HEADLINE > Rakor Dewan Pendidikan Provinsi & Kabupaten/Kota Untuk Samakan Persepsi

Rakor Dewan Pendidikan Provinsi & Kabupaten/Kota Untuk Samakan Persepsi

SEMARANG[Kampusnesia] – Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jateng untuk mensinkronkan visi dan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Jateng Prof Dr Rustono SH MHum mengatakan dewan pendidikan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota mengemban tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) yang sama, di antaranya memberikan masukan kepada kepala daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya

“Meski Tupoksi sama, namun problem di lapangan berbeda karena itu perlu ada forum untuk menyamakan langkah guna mencari solusi bersama,” ujar prof Rustono saat menyampikan sambutan dalam silaturahmi Dewan Pendidikan Provinsi Jateng bersama Dewan Pendidikan Kota Semarang di Resto Selasih Semarang, Selasa (10/9)

Menurutnya, sebelum rakor Dewan Pendidikan Provinsi Jateng akan menyerap berbagai masukan dari berbagai pihak, agenda silaturahmi dengan Dewan Pendidikan Kota Semarang ini menjadi forum untuk menampung masukan dan berbagai problem untuk dicarikan solusi bersama-sama.

Dari forum ini, lanjutnya, didapat berbagai temuan yang berpotensi mengganggu aktifitas koordinasi Dewan Pendidikan Kota Semarang dengan lembaga-lembaga pendidikan tingkat lanjutan atas seperti SMA, SMK dan MA.

Sejak pengalihan pengelolaan  SLTA dari Kabupaten/Kota ke Provinsi, ada sejumlah kepala SLTA yang enggan dan menghindar ketika diajak berkoordinasi dengan Dewan Pendidikan Kota, karena merasa tidak ada kaitan lagi dengan institusi yang ada di kabupaten/kota

Sekretaris Dewan Pendidikan Jateng, Drs Ahmad Niam Syukri, MSi menuturkan pengabaian  ini tidak boleh terjadi, karena Dewan Pendidikan Provinsi meski tidak memiliki hubungan struktural dengan Dewan Pendidikan Kota, namun dalam menjalankan Tupoksi sangat membutuhkan informasi dan masukan dari dewan pendidikan kota Semarang.

“Jumlah personil kami terbatas, tidak mungkin 13 orang pengurus yang ada ini menjangkau seluruh sekolahan di 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng, karena itu kami akan selalu bersama-sama dewan pendidikan di daerah untuk selalu mencari solusi, termasuk temuan masalah di kota Semarang ini,” tutur Gus Niam.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Semarang, Dr Drs Budiyanto SH, M Hum mengatakan prakarsa dewan pendidikan Jateng yang akan menggelar rakor merupakan langkah tepat.

“Ini merupakan langkah solutif agar tidak ada kebuntuan dalam memecahkan persoalan yang muncul di lapangan, sehingga masukan yang akan disampaikan kepada masing-masing kepala daerah akan semakin berkualitas,” ujar Budiyanto. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 130 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *