Home > HEADLINE > Jokowi Mengapresiasi Para Pelestari Batik Nasional

Jokowi Mengapresiasi Para Pelestari Batik Nasional

SURAKARTA[Kampusnesia] – Perayaan Hari Batik Nasional yang berlangsung di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Rabu (2/10) dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mengapresiasi berbagai kalangan mulai dari pengrajin batik, pengusaha batik hingga masyarakat pemakai batik.

Jokowi mengatakan di mana mereka para pembatik sudah berperan serta dalam menjaga dan menciptakan karya-karya adiluhung bagi bangsa dan negara yang terus menggoreskan jati diri bangsa dan memberikan sumbangsih Indonesia kepada kebudayaan dunia.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak yang sudah berkontribusi untuk kemajuan dan kejayaan batik Indonesia. Semoga batik Indonesia semakin berjaya dan lestari sepanjang masa,” ujarnya di Pura Mangkunegaran, Rabu (2/9).

Menurutnya, semua merasa bangga saat 10 tahun yang lalu, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia.

Dengan demikian, lanjutnya, semua wajib mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya hingga terus menjaga keluhuran budaya dan mengembangkan kreatifitas seni batik Nusantara.

“Alhamdulillah pertumbuhan pengrajin batik trus berkembang sangat pesat di seluruh tanah air. Semakin masif digunakan untuk rakyat tampil dalam beragam panggung fashion kelas dunia. Bahkan juga memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Indonesia,” tutur Jokowi.

Dengan peringatan Hari Batik Nasional, tutur Jokowi, menemukan kembali komitmen masyarakat kepada batik Indonesia. Komitmen untuk membentuk generasi muda Indonesia yang sigap melestarikan batik.

“Saya senang tadi oleh para penari dikenakan nama-nama batik. Kita harus kenalkan batik pada acara-acara internasional agar menjadikan batik sebagai duta budaya Indonesia pada masyarakat dunia,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 7 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *