Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > Sebanyak 600 Siswa Ikuti Progam XL Axiata Youth Leadership Camp

Sebanyak 600 Siswa Ikuti Progam XL Axiata Youth Leadership Camp

YOGYAKARTA[Kampusnesia] – Sebanyak 600 siswa setingkat SMA/SMK ikuti progam pengembangan kepemimpinan dan karaker  “XL Axiata Youth Leadership Camp (XYLC) 2019 yang digelar PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia.

Kegiatan rutin tahunan itu digelar di enam kota, setelah dibuka di Jakarta pada awal Agustus 2019, disusul Semarang, Makassar, Medan, Surabaya, dan ditutup di Yogyakarta dengan dihadiri oleh lebih dari 100 pelajar setingkat SMA dan SMK.

Head of Sales area Yogyakarta XL Axiata, Yudith Sabrina, bersama Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Dra Isti Triasih secara resmi membuka kegiatan tersebut di Sleman, Yogyakarta, Jumat (4/10).

Pada tahun ke-3 pelaksanaan XYLC ini, tercatat lebih banyak menyaring pelajar dari beragam daerah seperti Aceh, Tana Toraja, Tasikmalaya, Pasangkayu, Banyuwangi, Palu, dan berbagai daerah lainnya. Progam ini juga diharapkan terus mendapat dukungan dari sekolah yang pernah menerima manfaat.

“Upaya ikut serta memajukan dunia pendidikan di Indonesia terus kami kembangkan. Karena itu, tahun ini kami memutuskan kelanjutan  program XYLC dengan kembali menggandeng Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai institusi yang paling berkompeten di bidang ini,” ujar Yudith Sabrina.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga masih akan menerapkan kurikulum yang dapat membantu para pelajar SMA/SMK menghadapi revolusi industri 4.0, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan soft skill yang belum banyak diajarkan di sekolah formal.

Menurutnya, untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini telah berlangsung, terdapat beberapa kompentensi dasar yang sudah harus dipersiapkan generasi muda Indonesia. Selain berupa hard skills yang sudah banyak diajarkan di sekolah, mereka juga memerlukan soft skills yang akan membantu proses interaksi sosial di semua keahlian.

“Soft skill atau yang dikenal dengan transversal skill merupakan kualitas yang dibutuhkan di semua bidang kerja. Kemampuan ini mencakup kreativitas, imaginasi, intuisi, emosi, dan etik yang sangat bermanfaat dalam membangun interaksi sosial. Program ini telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia,” tuturnya.

Dengan demikian, dia menambahkan XL Axiata telah menyiapkan serangkaian topik pelatihan yang sesuai, di antaranya Berpikir Kristis dan Kreatif, Public Speaking, Digital Collaboration, Media Sosial yang Menginspirasi, Pemecahan Masalah, Emotional Intelligence, dan Kepemimpinan.

Dia menuturkan secara teknis, para peserta akan langsung dibimbing opembicara yang merupakan karyawan XL Axiata dengan expertise yang sudah teruji. Mendapatkan mentoring berkelanjutan dari para mahasiswa peserta XL Future Leaders, dan tentunya akan mendapatkan e-sertifikat dari XL Axiata. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 30 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *