Home > EKONOMI & BISNIS > Program Smart City Harus Dapat Dukungan Masyarakat

Program Smart City Harus Dapat Dukungan Masyarakat

DEMAK[Kampusnesia] – Sebuah daerah tidak akan menjadi smart city kalau tidak mendapat dukungan kuat dari masyarakat di wilayahnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr Singgih Setyono M Kes mengatakan sebuah daerah tidak akan menjadi smart city jika masyarakatnya tidak mau diajak smart. Motivasi masyarakat menjadi syarat utama untuk mewujudkan smart city di suatu daerah.

“Oleh karena itu agar masyarakat termotivasi Pemkab Demak menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek),” ujar Singgih saat menyampaikan materi dalam Bimbingan Teknis Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Demak di Grhadika Bina Praja Demak, Senin (7/10).

Menurutnya,  Bintek ini sekaligus untuk mendorong masyarakat agar terdorong untuk menyiapkan  diri untuk  memasuki era smart.

Wakil Bupati Demak Drs Joko Sutanto saat memberikan pengarahan menuturkan saat ini posisi manusia sudah terganti oleh alat.

“Pemesanan barang tidak lagi membutuhkan tatap muka, pemesanan makanan sudah on line, parkir juga sudah on line,” tuturnya.

Menurutnya, pengembangkan Smart City harus fokus kepada inovasi dan terobosan untuk membuat nyaman masyarakat.

“Mari jadikan Kabupaten Demak agar lebih dikenal dengan mempublikasikan potensi yang kita miliki. Dengan demikian banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke Kota Wali ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, mari wujudkan publik melek informasi dan teknologi, sebagai upaya untuk mendukung Demak Smart City di segala bidang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Dra Endah Cahyarini, MM mengatakan dari Bimbingan Teknis tahap I, II dan III telah dihasilkan buku I (Analisis Strategis Smart City Daerah), Buku II (Masterplan Smart City Daerah), dan Buku III (Executive Summary Masterplan Smart City Daerah).

Selanjutnya Bimbingan Teknis Tahap IV ini akan menghasilkan draft final dan review masterplan smart city serta pemantapan quick wins.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kasi Ekosistem E Goverment Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Joko pamungkas dan asisten vice president regional account central java PT Indosat Hasto. (Faidlul Atiq)

* Artikel ini telah dibaca 21 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *