Home > HEADLINE > BLK Demak Gelar Pelatihan Ketrampilan Untuk Siapkan Tenaga Siap Pakai

BLK Demak Gelar Pelatihan Ketrampilan Untuk Siapkan Tenaga Siap Pakai

DEMAK[Kampusnesia] – Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Demak menggelar berbagai latihan keterampilan, sesuai upaya untuk mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, siap pakai dan  mempercepat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala BLK Kabupaten Demak Suyamto mengatakan jenis pelatihan yang disediakan di BLK Demak di antaranya bidang teknik sepeda motor, teknik kendaraan ringan, las, operator komputer, pembuatan desain grafis, penjahitan, prosesing hasil pertanian, teknisi AC, teknisi HP dan tata rias penganten.

“Peserta pelatihan tidak ditarik biaya, bahkan mendapatkan fasilitas pengganti uang transport, seragam dan makan siang,” ujarnya, Jum’at (11/10)

Menurutnya, saran pendukung aktifitas pelatihan di  BLK Demak cukup representatif. Mulai dari ruang teori, ruang praktek/bengkel, lapangan olahraga dan mushola tersedia dan layak pakai.

Dalam tahun ini, lanjutnya, BLK telah membuka 5 gelombang pendaftaran. Gelombang terakhir akan berlangsung mulai 14 Oktober 2019 mendatang. Pada gelombang ini dibuka 10 kelas, 4 kelas untuk kejuruan otomotif sepeda motor, 4 kelas untuk kejuruan penjahitan dan 2 kelas untuk kejuruan las. Masa Peserta pelatihan selama 30 hari.

Dia menambahkan bagi yang berminat mengikuti program pelatihan ini, dipersilahkan mendaftar melalui online di http://blk.demakkab.go.id atau datang langsung ke BLK Demak Jalan Raya Katonsari No.19 Demak. Persyaratan yang harus dipenuhi meliputi  foto copy ijazah terakhir, KTP, KK, pas foto ukuran 3×4, mengisi form pendaftaran dan mengisi form pernyataan bermaterai.

Proses pelatihan, tutur Suyamto, akan dipandu para tenaga instruktur yang telah memiliki sertifikat uji kompetensi dengan latar belakang pendidikan D3 dan S1 sesuai bidangnya, serta mendapat pendidikan dan pelatihan teknis.

BLK Demak telah menjalin kerja sama/mitra kerja dengan berbagai industri/perusahaan, instansi pemerintah dan swasta, institusi pendidikan yang berasal dari Kota Demak dan sekitarnya sebagai upaya untuk penempatan kerja dan penempatan magang lulusan serta pendayagunaan fasilitas latihan.

“Ada beberapa prestasi yang sudah diperoleh di antaranya juara dua lomba istruktur kejuruan tekmek las se- Jawa Tengah dan DIY dan juara tiga lomba Instruktur Kejuruan Otomotif se Jawa Tengah dan DIY,” ujarnya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 42 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *