Home > HEADLINE > Ganjar Bakal Bentuk Komunitas Pelari Peduli Sampah

Ganjar Bakal Bentuk Komunitas Pelari Peduli Sampah

GUNUNGKIDUL[Kampusnesia] – Persoalan sampah menjadi perhatian serius Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bahkan usai menggelar Kongres Sampah di Desa Kesongo, Semarang, Ganjar kali ini membentuk komunitas pelari peduli sampah.

Uniknya, deklarasi komunitas tersebut dilakukan di sela aktivitasnya mengikuti ajang Universitas Gadjah Mada (UGM) International Trail Run 2019 di Wanagama Eco Edu Forest, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (13/10).

“Hari ini kita masuk finish. Bahkan sekarang telah lahir kelompok runner baru bernama LISA Run. Kepanjangan dari ‘Lihat Sampah, Ambil’,” ujar Ganjar.

Alumnus Fakultas Hukum UGM ini menuturkan ide terbentuknya komunitas LISA Run tersebut muncul secara spontan. Pasalnya, masih terlihat sisa-sisa sampah di sepanjang hutan di aliran sungai Oya terletak di Jalan Yogyakarta – Wonosari Km 30, Gunungkidul itu.

Berbekal tas plastik hitam, Ganjar yang turun di kategori Fun Competitive Trail Running berjarak 7 Km itu lantas memunguti sampah bersama sejumlah pelari lainnya, yang diharapkan  kelestarian alam hutan konservasi yang pernah memikat Pangeran Charles asal Inggris ini tetap terjaga.

“Di tengah kemarau panjang kita bisa lari di hutan Wanagama. Sepatu basah, naik tinggi, turun lagi dan ternyata bisa digunakan untuk lari trail dan berpetualang menjelajah hutan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Kongres Sampah mengeluarkan empat rekomendasi untuk landasan pengambilan kebijakan oleh Gubernur Jateng. Rekomendasi itu meliputi tentang edukasi persampahan terutama soal pemilahan, alat angkut, fasilitas termasuk TPA yang representatif dan dukungan anggaran dari pemerintah.

Bahkan Ganjar sempat mengundang selebgram Karin Novilda atau yang populer disapa Awkarin untuk mengikuti kongres. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 11 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *