Home > EDITOR'S CHOICE > Menjadi Pribadi Yang Penuh Kreativitas

Menjadi Pribadi Yang Penuh Kreativitas

Suatu bangsa membutuhkan banyak orang-orang yang kreatif, sebagai upaya untuk lebih cepat mendorong kemajuan bangsa. Hanya orang-orang kreatif yang mampu mengikuti perkembangan zaman yang begitu pesat, karena orang kreatif terlatih yang diharapkan mampu untuk menciptakan suatu produk dan karya baru.

Mereka yang kaya ide dapat mengubah sesuatu yang mungkin tidak ada artinya atau sesuatu yang usang menjadi sesuatu yang keren. Dunia masih membutuhkan banyak ide untuk dapat berkembang, bertumbuh, dan menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Jika kita ingin mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat ini, kita harus memiliki ide yang dibutuhkan oleh dunia. Kita harus berani mengambil resiko, mencoba hal-hal baru, mengubah suatu produk yang kuno menjadi sesuatu yang modern, serta tidak takut dalam melakukan kesalahan untuk penciptaan karya kreatif.

Orang kreatif adalah pengamat dunia. Bahkan ahli mengamati perilaku orang-orang yang ada di sekitarnya secara terperinci, meski hal-hal kecil yang diabaikan orang lain. Mereka juga terbiasa untuk mencatat apa saja yang dilihatnya, merekamnya baik menggunakan kamera maupun perekam suara, atau bahkan akan mendatangi orang, benda atau atau kejadian hanya untuk memuaskan rasa keingintahuannya.

Tidak hanya itu, orang kreatif membuka mata dan telinganya lebar-lebar serta memperhatikan segala sesuatu tanpa terkecuali. Mendengarkan sesuatu yang terkadang tidak penting, seperti desas – desus angin, suara hujan turun, gemersik dedaunan dan lain sebagainya. Intinya orang kreatif memperhatikan segala sesuatu yang terjadi di depan mata maupun yang tidak terjadi di depan mata.

Banyak karya yang ada di sekitarnya. Berbagai produk yang laris manis di pasaran, lukisan-lukisan yang dijual di pinggir jalan, model gaun yang indah dan mewah, restoran-restoran yang dikunjungi pelanggan dan banyak karya kreatif lainnya yang bertebaran di lingkungan kita yang terlahir dari pribadi-pribadi yang kreatif yang luar biasa.

Terkadang orang kreatif membutuhkan suatu ketenangan untuk menemukan ide-ide baru. Tenang yang dimaksud adalah bukan hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa, tetapi mampu mengendalikan diri dan melakukan observasi. Mampu melihat benda yang sama seperti yang dilihat oleh orang lain, tetapi kita melihat benda itu dari sudut pandang yang berbeda.

Dalam buku The Creativ Habit: Learn It and Use it For Life menuliskan bahwa setiap orang yang ingin mewujudkan ide besar, harus terlebih dahulu berupaya untuk mewujudkan ide-ide kecilnya. Kalau ide kecil saja tidak mampu mewujudkannya, bagiamana mampu mewujudkan ide besar.

Banyak di antara kita yang fokus pada pencapaian ide besar. Merancang berbagai rencana, menyusunnya rapi-rapi, memperhitungkan segala resiko yang akan terjadi, dan terkadang mengabaikan ide-ide kecil. Hasilnya?. Ide-ide besar itu tidak pernah terwujud. Sementara ide-ide kecil justru diwujudkan oleh orang lain. Hingga orang lain itu meraih kesuksesannya dengan mewujudkan ide-ide kecil itu. Maka ide besar dapat terwujud jika kita menghargai ide-ide kecil. Sebenarnya kreativitas itu sederhana, tetapi manusia terkadang yang membuatnya menjadi rumit.

Satu ide melahirkan ide berikutnya. Dari banyak ide, maka menjadi kumpulan ide. Dari berbagai ide akan menjadi sekumpulan ide. Lalu sekumpulan ide yang terus dikembangkan dapat membawa kita menjadi pribadi yang penuh ide. Segudang ide yang kita miliki, jika kita olah dengan maksimal, penuh perencanaan dan mempertimbangan segala resiko, maka akan menciptakan sebuah karya kreatif yang luar biasa.

Tak perlu dikhawatirkan, tidak ada kata terlambat untuk membuat sebuah karya kreatif. Masing-masing dari kita memiliki sisi kreatif tersendiri. Setiap pribadi mempunyai potensi kreatif yang unik dan khas. Yang terpenting bagaimana mengembangkan potensi itu.

Kesimpulannya, dalam dunia kerja di bidang apapun, kreativitas menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh semua orang. Kreativitas menuntun seseorang untuk berpikir cepat. Siapa yang tidak kreatif akan tersingkir. Siapa yang tidak menggunakan akalnya untuk menemukan cara baru atau ide lain, dia juga bakal tersingkir dan akan digantikan oleh orang yang mampu melakukannya.

Teknologi informasi berkembang dengan cepat. Arus komunikasi mengalir deras dengan tingginya tingkat penggunaan sosial media. Manfaatkan hal ini. Dari media inilah, kita bisa membuat produk dan jasa menjadi lebih kreatif.

Semakin terbuka komunikasi, maka kesempatan menjadi kreatif sangat besar. Masalahnya mau tidak kita melibatkan diri untuk mengambil kesempatan yang ada didepan mata untuk menjadi orang kreatif ?.

Oleh: Fitriana Winda Mahasiswi STIKOM Semarang
* Artikel ini telah dibaca 16 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *