Home > HEADLINE > Inovasi Dan Kreatifitas Syarat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Inovasi Dan Kreatifitas Syarat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

DEMAK[Kampusnesia] – Keberanian melakukan inovasi dan mengembangkan kreatifitas menjadi syarat mutlak dalam setiap langkah usaha untuk meningkatkan kesejahteraan.

Wakil Bupati Demak Drs H Joko Santoso mengatakan di era globalisasi saat ini keberanian inovasi dan mengembangkan kreatifitas sangat mutak harus dilakukan setiap usaha, untuk meningkatkatkan kesejahteraan.

“Pada 2030 kita akan menghadapi bonus demografi, dimana dibutuhkan banyak lapangan pekerjaan. Maka, jika ingin bertahan, mulai dari sekarang kita harus kreatif dan terus berinovasi,” ujarnya dalam acara Workshop Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Kabupaten Demak 2019 yang diselenggarakan di Demak, belum lama ini.

Fokus acara yang mengambil tema “Strategi Pemasaran untuk Start Up Kabupaten Demak” ini adalah tentang bagaimana mengajak masyarakat untuk kreatif dan terus berinovasi.

Menurutnya, kedua hal itu mutlak diperlukan jika ingin meningkatkan kesejahteraan. Bahkan  jika ingin semakin sejahtera, kedua hal itu harus dilakukan, mengingat sekarang bukan lagi jamannya yang kuat mengalahkan yang lambat.

Tetapi, lanjutnya, yang cepatlah yang mengalahkan pihak yang lambat. Di era digitalisasi seperti saat ini masyarakat dituntut untuk bisa memaksimalkan perkembangan teknologi yang ada, seperti berbagai aplikasi yang tercipta untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Dengan demikian, dia menambahkan hasil yang didapat pun akan lebih maksimal. Outputnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan pengangguran dan pengurangan kemiskinan.

Saat ini, tutur Joko, angka kemiskinan di Kabupaten Demak masih cukup tinggi. Padahal  punya potensi yang luar biasa, sehingga mulai sekarang harus bisa menggunakan perkembangan teknologi untuk membuka lapangan kerja.

Misalnua, Demak adalah penghasil garam dan hasil laut. Kalau hanya dijual mentah harga dan nilainya murah. Namun kalau diolah, otomatis akan meningkatkan nilai jualnya.

“Berbagai langkah telah dilakukan Pemkab untuk menjadikan masyarakat kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah dengan terus menyelenggarakan kompetisi krenova. Selain itu juga dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui bidang pendidikan dan kesehatan,” ujarnya

Selain lomba krenova, Pemkab fokus pada bidang pendidikan dan kesehatan. Karena kedua bidang tersebut merupakan point penting dalam peningkatan SDM.

Senada Marjoko dari  Kadin Jateng yang menjadi narasumber pada kegiatan itu menuturkan selain harus mengerti permintaan konsumen, seorang pengusaha harus bisa kreatif dan inovatif.

“Jika ingin membuka lapangan pekerjaan, point utama adalah mengerti dengan bener apa mau konsumen. Selanjutnya terus berinovasi agar produk yang dijual laku dipasaran. Kunci utama dalam pemasaran adalah kreatifitas. Itu mutlak diperlukan,” tutur Marjoko. (Faidlul Atiq)

* Artikel ini telah dibaca 11 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *