Home > HEADLINE > Pemkab Demak Beri Penghargaan Kepada 3 OPD Terbaik 2019

Pemkab Demak Beri Penghargaan Kepada 3 OPD Terbaik 2019

DEMAK[Kampusnesia] –  Pemkab Demak memberikan penghargaan kepada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhasil meraih nilai terbaik dalam evaluasi akuntabilitas kinerja selama 2019.

Wakil Bupati Demak Drs Joko Sutanto mengatakan ketiga OPD itu meliputi Dinas Pertanian dan Pangan, Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Demak.

“Kepada para pimpinan OPD kami minta agar selalu segera menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan aparat fungsional,” ujarnya saat Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) 2019 di Ballroom lantai 2 Hotel Amantis Jalan Raya Lingkar Demak, Selasa (19/11).

Menurutnya, Inspektorat Kabupaten Demak diharapkan bisa menjembatani dalam perbaikan-perbaikan dengan mencari formula pencegahan korupsi yang tepat dan benar. Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Aparat Pengawas Fungsional, baik hasil pemeriksaan APIP Daerah dan Provinsi Jateng maupun hasil Pemeriksaan BPK RI segera saja ditindaklanjuti

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan komitmen penuh dari Kepala Daerah, OPD dan legislatif (stakeholders) untuk pencegahan korupsi. Selain itu, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) juga harus kuat. Ada atau  tidaknya OTT dan tindak pidana menjadi indikator kuat keberhasilan dalam mencegah korupsi.

Inspektur Kabupaten Demak Kurniawan Efendi ST menuturkan kegiatan Larwasda ini bertujuan untuk menyampaikan informasi hasil pemeriksaan APIP, mempercepat penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan, masukan untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah, umpan balik atau feedback untuk perencanaan di masa mendatang dan sebagai media untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pengawasan baik dari tingkat pusat, provinsi maupun kanuoaten/kota.

Disela kegiatan ini juga dilakukan launching Whistle System Blowing (WBS) yang dapat membantu masyarakat  menyampaikan laporan jika ada ASN yang melakukan pelanggaran melalui wbs.inspektorat.dmk.co.id.

“Hal itu sesuai Perbup nomor 20/2019 tentang Sistem pelaporan pelanggaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak,” tutunya. (Faidlul Atiq)

* Artikel ini telah dibaca 6 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *