Home > HEADLINE > Pesantren BUQ Demak Wisuda 221 Santri Khatam Al Qur’an

Pesantren BUQ Demak Wisuda 221 Santri Khatam Al Qur’an

DEMAK[Kampusnesia] – Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanu Usysyaqil Qur’an (BUQ) Betengan Demak mewisuda 221 santri yang berhasil mengkhatamkan 30 juz  Al Qur’an.

Upacara wisuda khataman Al Qur’an  berlangsung di komplek pesantren BUQ, Selasa (21/1) dihadiri Bupati Demak HM Natsir, Ketua Umum MUI Demak KH Muhammad Asyiq,  Forkopimcam Demak, keluarga wisudawn dan ribuan alumni pesantren ini.

Bupati Demak HM Natsir saat menyampaikan sambutan dalam khataman ini mengatakan pesantren BUQ telah berkiprah nyata dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Pesantren BUQ Betengan telah mengharumkan nama Demak, ribuan santri dari berbagai penjuru Indonesia menimba ilmu dan belajar agama Islam di pesantren ini,” ujar Natsir.

Menurutnya, para santri yang telah khatam Al Qur’an baik melalui hafalan maupun yang tidak hafalan dan telah diwisuda diharapkan dapat mengamalkan ilmu yang didapat di pesantren di bawah bimbingan para kyai di pesantren ini.

Dengan ilmu yang didapat itu, lanjutnya diharapkan selain diamalkan juga ditularkan atau  diajarkan kepada lingkungannya. Sekecil apapun ilmu yang didapat diharapkan dapat langsung diaplikasikan.

Dia menambahkan masalah perilaku hidup bersih yang diajarkan misalnya dapat langsung diaplikasikan para santri baik saat masih belajar di pesantren maupun setelah kembali ke masyarakat.

Lingkungan yang bersih, tutur Natsir, dapat mendukung suasana belajar dan mengaji yang  lebih kondusif. Untuk mendukung upaya itu, Pemkab Demak akan memberikan stimulan berupa bantuan dana sebesar Rp10 juta. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk operasional pesantren, termasuk didalamnya menjaga kebersihan lingkungan pesantren. (Faidlul Atiq)

* Artikel ini telah dibaca 459 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *