Home > HEADLINE > Penghargaan Terbersih Dorong Kota Semarang Menuju Destinasi Wisata Utama

Penghargaan Terbersih Dorong Kota Semarang Menuju Destinasi Wisata Utama

SEMARANG[Kampusnesia] – Kota Semarang dinobatkan sebagai kota wisata terbersih se-Asia Tenggara kategori Asean Clean Tourist City Standard dalam ajang Asean Tourism Forum 2020.

Penghargaan sebagai kota terbersih ini diberikan Pemkot Semarang pada Kamis, 16 Januari 2020 dalam ASEAN Tourism Forum 2020 yang diselenggarakan di Bandar Seri Begawan, Brunnei Darussalam.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi optimis predikat ini bakal memperkuat ibukota Jateng ini sebagai destinasi wisata utama Indonesia.

“Penghargaan ini menjadi istimewa karena pada 2018, Kota Semarang juga sempat masuk nominasi. Namun baru mampu mendapatkan penghargaan pada ajang tahun berikutnya,” ujar Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu, Jumat (24/1).

Dengan penghargaan ini, tutur Hendi, Kota Semarang berhak menyandang kota terbersih se-ASEAN hingga 2022. Kota Semarang keluar sebagai pemenang pada kategori Asean Clean Tourist City Standard.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari mengatakan penghargaan ini bakal mendorong lompatan besar jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Semarang.

Menurutnya, target kunjungan wisatawan ke Semarang pada tahun lalu mencapai 7,2 juta wisatawan. Sesuai target. Semoga dengan predikat ini semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang.

Perolehan penghargaan ini, lanjutnya, tidak terlepas dari peran warga yang turut membantu wisata Kota Semarang.

“Konsep pembangunan bergerak bersama semakin lama semakin terlihat hasilnya. Salah satu contoh kampung tematik bank sampah di Tegalsari. Warga di wilayah itu mengelola barang tidak terpakai menjadi bermanfaat,” tutur Indriyasari. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 580 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *