Home > HEADLINE > Perayaan Tahun Baru Imlek Kuatkan Semangat Toleransi

Perayaan Tahun Baru Imlek Kuatkan Semangat Toleransi

SEMARANG[Kampusnesia] – Perayaan tahun Imlek yang digelar di Semarang dan berbagai kawasan di tanah air, Sabtu (25/1) menguatkan spirit toleransi ditengah keragaman anak bangsa, termasuk keragaman beragama.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Tengah (FKUB Jateng) Drs KH Taslim Sahlan M Si mengatakan selain menguatkan toleransi, kemasan rangkaian perayaan itu juga menguatkan spirit saling pengertian.

“Agenda saling mengunjungi dan penyampaian ucapan selamat merayakan hari besar oleh para tokoh atau pemuka dapat mempersempit jurang kesenjangan yang akhirnya dapat mempererat semangat persatuan,” ujar Taslim, Sabtu (25/1)

Menurutnya, aktifitas silaturahmi antar tokoh agama dan ucapan selamat merayakan hari besar yang sedang dirayakan, termasuk perayaan tahun baru Imlek baik langsung maupun melalui berbagai media saluran komunikasi juga meningkatkan semangat saling menghormati dan menghargai tanpa menggores suasana kesetaraan yang sudah dibangun.

Suasana harmoni itu, lanjutnya, disaksikan secara terbuka oleh msyarakat melalui berbagai saluran kominikasi seiring dengan pesatnya pertumbuhan teknologi informasi dan digitalisasi. Hal ini memicu spirit masyarakat untuk menduplikasi dan meneladani sikap toleran itu.

Dia menambahkan FKUB Jateng berterimakasih kepada semua tokoh terutama semua tokoh agama dan keyakinan di Jawa Tengah yang terus menerus tidak kenal lelah berupaya menguatkan kerukunan umat beragama melalui berbagai cara dalam berbagai kesempatan.

Keteladanan dari para tokoh dan pemuka agama itu, tutur Taslim, mendorong umat beragama dapat semakin berlapang dada dalam merespon perbedaan sehingga menguatkan kualitas integritas, perbedaan tidak lagi menjadi penyekat. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 37 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *