Home > EKONOMI & BISNIS > AGRIBISNIS > Pemprov Jateng Beri Bantuan Pendampingan Kepada Nelayan Dan Petani Garam

Pemprov Jateng Beri Bantuan Pendampingan Kepada Nelayan Dan Petani Garam

LASEM[Kampusnesia] – Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng bekerja sama dengan Universitas dan Petronas kembali memberikan bantuan peralatan kepada nelayan dan petani garam di sentra produksi, setelah sebelumnya 2019 memberikan pendampingan pengolahan rajungan dan garam di desa Gedong mulyo Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang.

Kepala Bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Ir Lilik Harnadi MSi MSc mengatakan tahun ini Pemprov Jateng merencanakan kembali untuk memberikan bantuan alat tangkap rajungan (bubu ) kepada para nelayan dan petani garam di sentra produksi Jateng.

“Dengan pemberian bantuan peralatan itu, sehingga pendapatan yang berasal dari penangkapan rajungan dapat lebih meningkat dari sebelumnya,” ujarnya saat mengikuti kunjungan kerja Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin di Desa Gedong Mulyo Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang, Selasa (28/1).

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin menuturkan pendampingan petani di Desa Gedong Mulyo itu merupakan salah satu inovasi Pemprov Jateng untuk menanggulangi kemiskinan dimana setiap satu OPD mendampingi satu desa.

“Salah satu desa binaan itu, adalah desa gedong mulyo yang merupakan desa binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng. Karena fokus pembangunan ke depan adalah pembangunan SDM yang tidak bisa lepas dari pemanfaatan potensi wilayah. Kebetulan di Gedong Mulyo potensi baharinya sangat tinggi terutama hasil tangkapan rajungan dan petani garam, ini yang coba kita gali,” tutur Gus Yasin panggilan akrab Taj Yasin itu.

Menurutnya, dengan rencana tata kelola pesisir, Pemprov akan terus untuk mendorong wilayah konservasi terkait tata ruang perairan tidak hanya perlindungan pada hewan dan biota laut saja. Namun, utamanya adalah bagaimana masyarakat bisa mendapat peningkatan ekonomi dari sana tanpa merusak alamnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 20 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *