Home > EKONOMI & BISNIS > Kadin Jateng Akan Fokuskan Progam UMKM Naik Kelas

Kadin Jateng Akan Fokuskan Progam UMKM Naik Kelas

SEMARANG[Kampusnesia] – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah akan terus mendorong aktivitas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegnak (UMKM) dengan memberikan edukasi serta sejumlah fasilitas tempat pelatihan.

Ketua Kadin Jateng Ali Abdul Rochman mengatakan Kadin akan terus berupaya untuk mendong UMKM dengan pemberian edukasi serta menyiapkan ruang pelatihan khusus di Semarang.

Fasilitas tempat pelatihan, lanjutnya, tahap awal disiapkan tiga ruang kelas bagi pelaku UMKM untuk belajar secara berkala dan berkreativitas, terutama untuk menghadapi pesaingan di era industri 4.0.

Kelas ini, menurutnya, merupakan program kerja Kadin yang memang difokuskan untuk mendorong kemajuan UMKM di wilayah Jawa Tengah.

“Kadin sudah siapkan ruang kelas, ada tiga ruang yang bisa diakses di kantor Kadin Jateng ini, yang diharapkan bisa berjalan secara efektif dalam transfer knowledge ke pelaku UMKM,” ujarnya usai meresmikan kantor Kadin Jateng, Kamis (30/1).

Selain itu, dia menambahkan Kadin juga akan menggelar Kelas Bahasa Asing, Kelas Manajemen, dan Kelas Ekspor Impor. Tiga kelas tersebut akan dibagi pada minggu pertama, kedua, dan ketiga.

“Kami akan efektif mulai kelas pada awal Februari ini, nama programnya UMKM Naik Kelas. Kami anjurkan Kadin dari tiap daerah mengirimkan pelaku UMKM minimal dua untuk kelas tersebut,” tuturnya.

Dewan Penasehat Kadin Jateng, Bambang S Raya berpesan agar Kadin Jateng ini terus semangat dalam mendorong UMKM di wilayah Jateng agar mereka siap berasing di era industri 4.0.

Namun, tutur Bambang, agar para pengurus Kadin Jateng ini bekerja dengan nuansa penuh kebahagiaan. Baginya, hal itu sangat berpengaruh dalam kinerja.

“Pada prisnispnya happy lah. Agar auranya bisa menyebar ke seluruh anggota. Intinya kita semua harus gotong royong memajukan UMKM, dari yang mikro jadi kecil, yang kecil jadi menengah. Yang menengah bisa jadi besar dan membantu mendorong usaha lainnya,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 54 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *