Home > HEADLINE > Pelaku Pemerkosa Manfaatkan FB Cari Mangsa

Pelaku Pemerkosa Manfaatkan FB Cari Mangsa

SEMARANG[Kampusnesia] – Pelaku perampok dan pemerkosa Susanto (32)  warga Jalan Bader Baru RT 009 RW 008, Bandarharjo, Semarang Utara yang tertangkap Polrestabes Semarang yang sering melakukan aksi dengan memanfaatkan media sosial (facebooks) termasuk predator seks.

Kasat Reskrim Polrestabes AKBP Asep Mauludin mengatakan Susanto ini termasuk predator seks dengan memanfaatkan media sosial dalam menjalankan setiap aksi perkosaan dan perampokan.

“Setidaknya sudah tiga kali ini pelaku memperdaya wanita, korban pertama berhasil diperkosa untuk korban kedua ini berhasil melarikan diri, sedangkan yang terakhir korban diperkosa dan dirampok harta bendanya,” ujar Kombes Auliansyah Lubis saat rilis kasus di Mapolrestabes Semarang, Senin (3/2).

Dalam menjalankan aksinya, lanjutnya, Susanto ini memasang akun palsunya di facebook dan mengaku sebagai pimpinan agen penyalur PRT di Kota Semarang. Melalui akun tersebut banyak wanita yang inbox untuk minta dipekerjakan.

“Setelah melakukan bujuk rayu, kemudian janjian di suatu tempat, selanjutnya berputar putaran dan dibawa ditempat sepi,” tutur Asep.

Sementara itu, untuk korban terakhir pelaku memperlakukan dengan lebih sadis. Tidak hanya memperkosa, pelaku juga melukai, mengancam dengan senjata tajam serta mengambil barang milik korban. Setelah itu pelaku kabur ke Jawa Barat.

“Kita kejar ke kawasan Cilamaya Kabupaten Karawang saat bersembunyi di rumah rekannya. Kita lakukan tindakan tegas terukur,” ujarnya.

Seperti diketahui, Susanto telah merampok dan memperkosa SK (23) perempuan asal Brebes. Pelaku mengaku sebagai agen penyalur kerja agar korban tertarik dan mau bertemu.

Pelaku itu sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan tersebut, menggunakan jejering media sosial Facebooks untuk menggaet korban. Kemudian pelaku mengajak berkenalan dan menawarkan sebuah pekerjaan, dengan mengaku sebagai agen penyalur kerja.

Kejadian pemerkosaan dan perampokan terjadi pada Kamis, 27 Januari 2020 lalu. Pelaku membujuk rayu korban agar mau datang dan bertemu di kawasan Kota Lama. Dengan menggunakan motor korban, kedunya berputar putar dan akhirnya menuju kawasan Kalibaru, Semarang Utara sekitar pukul 18.00 WIB.

Pelaku melakukan aksi pemerkosaan di rumah kosong. Korban diancam menggunakan senjata tajam. Tanganya diikat dan kepala korban sempat dibenturkan tembok sebelum pelaku menodai dan mengambil barang milik korban.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka fisik dan luka akibat pemerkosaan. Saat ini, pelaku mendekam di Polrestabes Semarang. Pelaku juga dikenakan pasal berlapis, yakni pasal 365 KUHP terkait pencurian disertai kekerasan dengan hukuman penjara 9 tahun dan pasal 285 KUHP terkait pemerkosaan dengan hukuman 12 tahun penjara. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 143 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *