Home > HEADLINE > Sebanyak 32 Atlet Jateng Peraih Medali Sea Games 2019 Terima Tali Asih

Sebanyak 32 Atlet Jateng Peraih Medali Sea Games 2019 Terima Tali Asih

SEMARANG[Kampusnesia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan tali asih kepada 32 atlet dan enam pelatih dari Jawa Tengah yang sukses menyumbang medali pada gelaran Sea Games 2019 Filipina lalu.

Tali asih tersebut diberikan secara simbolis oleh Ganjar Pranowo kepada perwakilan atlet dan pelatih di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (17/2).

“Ini saya bersama anak-anak hebat. Mereka ini juara-juara. Ada wushu, sepak takraw, softball, menembak, dayung, dan ada pelatih sepak takraw. Atlet dayung ini dapat tiga emas, Wushu perak, menembak emas, dan ini dayung dapat tiga emas. Atlet-atlet kita ini sedang disiapkan paling dekat untuk PON Papua. Kita siapkan agar mereka menjadi anak-anak hebat. Semangat,” ujar Ganjar usai meyerahkan tali asih.

Pemberian tali asih itu, merupakan penghargaan dan penghormatan atas prestasi yang diraih. Hal itu juga untuk memacu para atlet untuk terus meningkatkan prestasi. Tali asih yang diberikan bervariasi sesuai dengan medali yang diraih. Atlet peraih medali emas mendapatkan tali asih sebesar Rp75 juta, peraih medali perak Rp50 juta, dan peraih perunggu Rp25 juta.

Selain itu, Ganjar juga menyinggung wacana event tingkat eks-karisidenan untuk mencari bibit-bibit unggul atlet dan sebagai acuan event Pra Porprov. Menurutnya, pencarian bibit atlet dapat dilakukan sejak usia dini. Selanjutnya data atlet tersebut disimpan dalam sistem informasi olahraga sehingga atlet-atlet itu dapat diproyeksikan ke depan bagaimana. Sistem tersebut juga berisikan jumlah event yang ada, baik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, maupun dunia.

“Kira-kira 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun lagi mereka akan ke mana, sehingga mereka betul-betul menjadi aset Indonesia dan Jateng agar mereka kemudian bisa mengharumkan nama bangsa,” tuturnya.

Kalau data bagus, lanjutnya, penghormatan bagus, kekeluargaan dan pembinaan bagus, maka mereka akan menjadi atlet yang berkarakter dan penuh optimisme, lalu bisa naik ke level yang lebih tinggi. Targetnya harus bermimpi tingkat dunia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jawa Tengah Brigjen TNI (Purn) Subroto menuturkan untuk atlet yang meraih medali lebih dari satu maka tali asih diberikan utuh untuk satu medali dan seterusnya diberikan sebanyak 50%. Misal atlet dayung yang meraih tiga medali emas mendapat tali asih senilai total Rp100 juta.

“Sudah kita lihatkan, Bapak Gubernur memberikan fasilitas atau memberikan tali asih secara simbolis kepada atlet dan pelatih. Mudah-mudahan nanti segera bisa dicairkan, besok akan kita perjuangkan agar bisa segera diterima,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 19 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *