Home > EKONOMI & BISNIS > CPP Gundih Kondisi Aman Pasca Fasilitas Area TOX Alami Kebakaran

CPP Gundih Kondisi Aman Pasca Fasilitas Area TOX Alami Kebakaran

BLORA[Kampusnesia] – Aktifitas stabilisasi di area operasi Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih terus dilakukan pasca adanya gangguan di area Thermal Oxidizer (TOX) yang mengakibatkan keluarnya percikan api di fasilitas tersebut, Kamis (9/4).

Asset 4 General Manager PT Pertamina EP Agus Amperianto mengatakan sekitar pukul 09.40 WIB mendapatkan informasi adanya gangguan di area Thermal Oxidizer (TOX) di CPP Gundih. Dari kejadian tersebut mengakibatkan adanya api yang muncul di fasilitas itu.

Menurutnya, Tim Penanganan Keadaan Darurat PT Pertamina EP Cepu Field langsung melakukan upaya stabilisasi seluruh fasilitas di CPP Gundih sehingga api di Fasilitas TOX sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan pada pukul 10.45 WIB serta tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

“Saat ini operasi di CPP Gundih dan sumur gas sudah dilakukan shutdown untuk proses stabilisasi. Seluruh pekerja didalam area CPP Gundih sudah dievakuasi, Fire Truck 2 unit serta ambulance dan paramedic kami standby di lokasi,” ujar Agus.

Dia menambahkan saat ini tim PKD masih terus menjaga fasilitas CPP Gundih untuk mengamankan hingga kondisi stabil.

“Kami harapkan masyarakat di sekitar lokasi untuk tidak panik. Karena tim kami masih terus menangani kondisi ini sampai tuntas. Mohon doanya agar fasilitas CPP Gundih bisa segera beroperasi normal. Dan produksi gas sebesar 50 MMSCFD bisa kembali kita salurkan ke konsumen di antaranya PT SPP, PLTGU Tambak Lorok Semarang dan PGN Jargas Blora dan Jargas Semarang,” tuturnya.

Dia juga  langsung meninjau loksi CPP Gundih pasca adanya gangguan di area Thermal Oxidizer (TOX itu. untuk memastikan kondisi di lapangan. Alhamdulillah segera tertangani dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Agus yang tiba di lokasi CPP Gundih sekitar pukul 15.00 WIB itu menuturkan seluruh operasi di CPP Gundih dan Sumur sudah di Shutdown untuk stabilisasi, untuk kemudian tetap dilakukan pendinginan di seluruh fasilitas di CPP Gundih.

“Area TOX itu adalah salah satu fasilitas dari rangkaian proses pengolahan gas dari dalam bumi hingga bisa dikirimkan ke konsumen. Jadi dengan dilakukan pendinginan seluruh area saya ingin memastikan fasilitas lainnya dalam kondisi aman juga, “ ujarnya.

Thermal Oxidizer (TOX) adalah semacam insenerator, ada pembakaran campuran bahan bakar (gas CH4) , udara dan media yg dibakar ( gas inert dan H2S +CO2).

“Sederhananya fungsi TOX adalah untuk memastikan Gas H2S dan Gas berbahaya lainnya yang masih belum terabsorbsi di proses sebelumnya, tidak terlepas ke lingkungan,” tutur Agus.

Untuk saat ini, lanjutnya, Tim Penanggulangan Keadaan Darurat masih melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti dari kejadian tersebut, hingga diharapkan  proses stabilisasi CPP tidak berlangsung lama sehingga pasokan gas untuk konsumen bisa kembali mengalir normal.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses penanganan itu sehingga berlangsung cepat aman dan tidak ada korban jiwa. Juga Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolres Blora dan jajarannya yang dengan sigap membantu serta seluruh rekan media yang turut menyebarkan informasi secara benar sehingga masyarakat tidak terpapar informasi Hoax, “ ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 177 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *