Home > HEADLINE > Lazisnu Jateng Gelar Kegiatan Ruwahan Lewat Online

Lazisnu Jateng Gelar Kegiatan Ruwahan Lewat Online

SEMARANG[Kampusnesia] – Demi memenuhi program pemutusan mata rantai penularan virus Corona, NU Care Lazisnu Jawa Tengah menggelar kegiatan Ruwahan berupa Khotmil Qur’an – Arwah Jamak dengan menggunakan fasilitas online.

Ketua NU Care Lazisnu Jawa Tengah KH  Muhammad Mahsun mengatakan agar dalam penyelenggaraan acara Khotmil Qur’an – Arwah Jamak tidak memunculkan kerumunan massa, pelaksanaannya dilakukan secara online

“Agenda kegiatannya dilaksanakan ruang rapat Lembaga Zakat Infaq dan Shjdaqoh (Lazisnu)  Jateng di Jalan Dr Cipto 180 Semarang dan siarkan live streaming melalui media sosial atau medsos,” ujar Mahsun, Rabu (15/4).

Menurutnya, acara ini berdurasi 9 jam mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Agendanya dibagi dua sesi, meliputi sesi I acaranya pembacan nama-nama arwah yang dikirimi doa (07.00 WIB- 08.00WIB) dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an (08.00 WIB-12.00 WIB).

Sesi dua, lanjutnya, dimulai pukul 12.00 WIB-13.00 WIB agendanya pembacaan nama-nama arwah yang dikirimi doa dilanjutkan dengan penyampaian taushiyah oleh pengasuh pondok pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo Magelang, KH Yusuf Cbudlory (13.00 WIB – 13.30 WIB).

“Kemudian dilanjutkan dengan khotmil Qur’an dan pembacaan doa oleh Rois PWNU Jateng, KH Ubaidullah Shidaqoj  (13.30 WIB – 16.00 WIB),” tuturnya.

Dia menambahkan pembacaan Al Qur’an dilantunkan oleh lima orang hafidzah dari pesantren Azahra Semarang, mereka itu adalah Amalia Hamdanah, Muawanah,Khoirun Nikmah,Saidatul Wafiyah dan Nur Afifah.

Kegiatan ini, tutur Mahsun, merupakan tradisi yang diselenggarakan secara rutin oleh kalangan nahdliyyin setiap pertengahan bulan sya’ban atau menjelang datangnya ramadlan, dan populer disebut dengan istilah ruwahan.

Acara ruwahan yang dilaksanakan di ruang rapat NU Care Lazisnu Jateng, Jalan Dr Cipto 180 Semarang ini diikuti masyarakat melaluib medsos dengan link you tube https://www.youtu.be/ziz-silf.GqA atau link facebook.com/nucaraelazisnujateng/video/70/031640732174/.  (smh)

* Artikel ini telah dibaca 108 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *