Home > HEADLINE > Masjid Baiturrahman Salurkan 800 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

Masjid Baiturrahman Salurkan 800 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

SEMARANG[Kampusnesia] – Unit Pengumpul Zakat Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah (UPZ MRB Jateng) menyalurkan sebanyak 800 paket sembako kepada warga  terdampak kebijakan pencegahan Covid-19.

Ketua Panitia Pentasyarufan Sembako Dampak Covid -19 Tahap Pertama 2020  UPZ MRB Jateng Drs H Musadat Masykur MPd mengatakan realisasi kebijakan pemerintah dalam upaya menghentikan perluasan wabah Covid-19 memunculkan dampak melambatnya aktifitas perekonomian masyarakat.

“Paket sembako kali ini kami salurkan kepada komunitas warga terdampak dilingkungan MRB Jateng dan unit-unit yang ada di lingkungan yayasan pengembangan dan kajian pendidikan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah,” ujar Musyadat di sela penyerahan bantuan sembako kepada warga terdampak penanganan Covid-19 di aula MRB Jateng, Senin (20/4).

Menurutnya, paket sembako itu berisi beras, minyak goreng, gula pasir dan mie instan. Dengan paket sembako ini diharapkan dapat meringankan beban mereka sehari-hari yang kian berat karena melambatnya laju perekonomian di arus bawah.

Dampak pencegahan Corona, lanjutnya, kini sudah terasa di lingkungan komunitas yang bergerak di sektor informal, karena itu harus segera diatasi atau dicarikan solusi agar problem sosial ini tidak melebar, paling tidak kebutuhan dasar warga terdampak bisa terbantu untuk sementara waktu, misalnya kebutuhan pangan.

Dia menambahkan warga terdampak di sekitar MRB Jateng itu di antaranya warga yang tinggal di sekitar masjid, ojol, tukang becak, petugas parkir, PKL yang beroperasi atau mangkal, karyawan toko di sekitar masjid dan lainnya.

Selain itu, tutur Musadat, paket sembako juga disalurkan kepada UKM-UKM UPZ MRB Jateng yang membuka usaha di kawasan Jomblang, Ngaliyan, Sendangmulyo, Meteseh,  Kaligawe dan beberapa kawasan lainnya.

Ketua Takmir MRB Jateng KH Dr Multazam Ahmad MA menuturkan daya tahan atau kemampuan untuk survive warga terdampak penanganan Covid-19 harus dapat dipertahankan agar tidak muncul problem baru.

“Agar mereka bisa bertahan maka perlu dukungan, agar motivasi untuk tetap eksis tidak melemah di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya

Penyerahan sembako berlangsung di aula MrB Jateng, Senin (20/4) oleh Ketua Umum YPKPI Masjid raya Baiturrahman Dr KH Ahmad Darodji, Sekretaris Umum H Nawawi, Ketua I KH Anashom, Sekretaris H Sarjuli dan Ketua Bidang Ketakmiran Dr H Multazam Ahmad MA.

Para penerima semuanya menggunakan masker, duduknya dibuat renggang dan sebelumnya mencuci tangan menggunakan handsanitizer. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 79 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *