Home > HEADLINE > Budayawan Muslim Jateng Gus Niam Lounching Lagu “Ayo Berzakat”

Budayawan Muslim Jateng Gus Niam Lounching Lagu “Ayo Berzakat”

KH Drs Ahmad Niam Syukri Masruri MSi

SEMARANG[Kampusnesia] – Seniman dan budayawan  muslim Jawa Tengah KH Drs Ahmad Niam Syukri Masruri MSi melounching lagu dakwah bertajuk “Ayo Berzakat” yang disenandungkan oleh grup musik qasidah modern Nasyida Ria Semarang.

“Lagu ini dilounching di medsos agar mudah diakses publik. Kontennya tentang ajakan kepada umat Islam agar jangan lupa untuk memberikan zakat kepada yang berhak,” ujar Gus Niam di Semarang, Kamis (30/4).

Menurutnya, lagu ajakan untuk berzakat ini dinyanyikan vokalis legendaris grup musik qasidah modern Semarang yang berdiri pada 1975, Nur Janah dan dapat diakses melalui Chanel :  https : //youtu.be/ kZbwlEMCVAk.

Melalui lagu yang dilounching pada hari Selasa (28/4) lalu itu, diharapkan umat Islam dapat terketuk untuk segera mengeluarkan zakat, terlebih saat sekarang banyak warga yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak beberapa bulan lalu.

“Kami memilih momentum yang tepat, yakni awal Ramadhan, terlebih dalam waktu bersamaan pandemi Covid -19 melanda masyarakat kita, banyak warga terdampak, terutama warga yang rentan ekonominya,” tutur  Gus Niam.

Karena itulah, lanjutnya, melalui lagu ini diharapkan umat Islam dapat segera mengeluarkan zakat. Dibalik penyaluran zakat itu ada sejumlah hikmah, selain menolong saudara yang sedang kesulitan, sekaligus membersihkan harta dan melipatgandakan harta, bukan malah berkurang.

Dia menambahkan dipilihnya grup musik Nasyida Ria untuk melantunkan lagu ciptaannya, karena grup musik ini sangat legendaris dan memiliki penggemar loyalis di seantro Nusantara.

Grup musik dengan anggota pemainnya sembilan wanita ini, tutur Gus Niam, dalam dua dasa warsa (1980-2000) sangat populer dan sukses melambungkan lagu-lagu bertemakan dakwah dan sosial .

Karena itulah, Gus Niam optimis lagu ini mendapat sambutan positif dari publik, terlebih personil yang mendukung Nasyida Ria dari sembilan orang yang ada, enam di antaranya personil lama alias generasi awal yang mempopulerkan grup musik ini.

Mereka itu terdiri Hj Nurjanah (vokal), Hj Rien Djamain (bas), Hj Thowiyah (gitar), Hj. Afuwah (kendang), Hj Hamidah ( suling), dan Hj Nadliroh (biola).

“Nasyida Ria iramanya qasidah modern yang tak lekang karena zaman, selain Ayo Berzakat, kami juga sudah menyiapkan beberapa lagu untuk dilantunkan setelah ini,” ujar Gus Niam. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 935 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *