Home > HEADLINE > Masjid Raya Baiturrahman Jateng Salurkan 1.000 Paket Takjil Zakat

Masjid Raya Baiturrahman Jateng Salurkan 1.000 Paket Takjil Zakat

SEMARANG[Kampusnesia] – Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Jawa Tengah menyalurkan 1.000 paket zakat kepada warga masyarakat yang berhak menerima di tengah pandemi Covid 19.

Ketua Umum Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman KH Dr Ahmad Darodji  MSi mengatakan takjil zakat secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada beberapa warga yang berhak menerima zakat.

“Takjil zakat ini biasanya diserahkan pada malam Idul Fitri di aula Masjid Raya Baiturrahman. Karena situasi yang mendesak, kami keluarkan sekarang,’’ ujar kyai Darodji disela acara penyerahan takjil zakat  di aula MRB Jateng, Semarang, Senin (4/5)

Menurutnya, melalui kegiatan Unit Pengumpul Zakat ( UPZ) MRB Jateng terkumpul 5 ton beras. Beras sebanyak itu di antaranya berasal dari bantuan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo, H Harsono (Pengusaha)  dan YPKPI MRB Jateng.

Ketua Takmir MRB Jateng KH Dr Multazam Ahmad MA menuturkan setiap paket takjil zakat itu diwujudkan 5 kg beras, minyak goreng dan mie instan.

“Kami berharap percepatan realisasi penyaluran takjil zakat ini bisa meringankan beban masyarakat yang bertambah berat akibat dampak dari pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Menurutnya, untuk menghindari terjadinya kerumunan orang atau berkumpulnya orang, pengurus Masjid membagi dan mendistribusikannya ke rumah orang-orang yang berhak menerima  takjil zakat ini.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang didampingi Kepala Biro Kesra Imam Masykur mengingatkan semakin mendekati Lebaran masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinannya untuk memenuhi protokol kesehatan dalam suasana pandemi Covid-19.

“Apabila masyarakat mau disiplin dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, pandemi Covid-19 akan cepat berlalu. Tetapi situasi seperti ini bisa lama apabila masyarakat tidak disiplin,” ujarnya.

Karena itulah, dia menambahkan  diharapkan semuanya tetap berdisiplin memakai masker, menjaga jarak, menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 113 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *