Home > HEADLINE > Jateng Siapkan Penerapan New Normal Pada Sekolah

Jateng Siapkan Penerapan New Normal Pada Sekolah

SEMARANG[Kampusnesia] – Dinas Pendidikan Jawa Tengah meminta para siswa masuk sekolah pada 12 Juni 2020 mendatang, sebagai langkah untuk menyiapkan penerapan New Normal di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Jumeri mengataan dengan aturan New Normal kegiatan belajar mengajar bisa kembali diadakan meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kami minta siswa dan orangtua datang untuk terima rapot pada 12 Juni mendatang. Ini sebagai upaya simulasi, bagaimana sekolah mengelola orang banyak, tentunya sesuai protokol kesehatan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (29/5).

Menurutnya, dengan simulasi itu, tentunya pihak sekolah dari kabupaten/kota memiliki karakteristik kondisi berbeda-beda. Apakah nantinya akan diterapkan sistem shift atau pembagian hari, akan diputuskan pihak sekolah masing-masing.

“Jadi setiap sekolah beda-beda, ada sekolah yang punya siswa sedikit dan ada sekolah punya siswa yang banyak. Tergantung pada kebijakan tiap sekolah, mau sistem shift, selang-seling dan tidak melupakan pakai masker, jaga jarak,” tuturnya.

Sedangkan untuk setiap sekolah harus koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan setempat sebelum penerapan kenormalan baru diberlakukan di seluruh Jateng. Semua dilakukan guna mendapatkan skema yang cocok dalam menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di masa kenormalan baru.

“Siswa berangkat ke sekolah juga harus menjadi pertimbangan kami. Seperti ke sekolah menggunakan fasilitas apa?. Kalau angkutan umum, kan potensi terpapar ini yang jadi penentuan opsi. Kita harus memikirkan sampai kesana,” ujarnya.

Jumeri menuturkan pihaknya akan menggodok pedoman-pedoman baru. Apalagi New Normal, masih dibarengi dengan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di tiap kabupaten/ kota.

“Ini yang harus diperhatikan, tetap setiap lini masuk sekolah kita cek sesuai protokol kesehatan. Yang jelas penerapan kenormalan baru di sekolah kemungkinan akan mulai diterapkan Juli atau seusai libur tahun ajaran baru,” tutur Jumeri. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 10 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *