Home > HEADLINE > Karang Taruna Siap Dukung Pengembangan Wisata Pantai Istambul Demak

Karang Taruna Siap Dukung Pengembangan Wisata Pantai Istambul Demak

DEMAK[Kampusnesia] – Di tengah pandemi Covid-19 Pemuda Karang Taruna di wilayah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak menyiapkan diri untuk mendukung lanjutan realisasi pengembangan pariwisata pantai Istambul (Istana Tambak Bulusan) yang sempat tertunda.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Karang Tengah Demak Zidan Muhyidin mengatakan kawasan wisata Istambul yang dikelola Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) desa Tambabulusan semakin diminati para wisatawan lokal maupun nusantara.

“Pengelola sangat merespon sebagai peluang usaha yang memiliki prospek cerah, sehingga potensi yang ada ini harus dikembangkan terus agar daya tariknya semakin tinggi. Bahkan aktivis Karang Taruna berencana akan memperluas kawasan hutan mangrove,” ujar Zidan di Demak, Selasa (23/6).

Menurutnya, fasilitas obyek wisata di pantai Istambul meliputi ojek perahu, track hutan mangrove, pantai dan spot selfy, di antara fasilitas itu, track mangrove paling berpotensi untuk dikembangkan.

Saat ini, lanjutnya, kawasan pantai yang dikelola  BUMDes dan dimanfaatkan untuk wisata  Istambul seluas 30 hektare dan menurut rencana akan diperluas lagi, lahan penambahan yang disiapkan seluas 20 hektare.

Dia menambahkan sebagian besar akan dimanfaatkan untuk memperluas hutan mangrove yang memiliki multi fungsi. Selain untuk melestarikan flora dan fauna laut juga dapat berfungsi untuk melindungi kawasan pantai dari hanyaman ombak laut Jawa.

Selain perluasan hutan mangrove, tutur Zidan, juga disiapkan embong-embong untuk menampung air hujan atau naiknya air pasang, selain menormalisasi aliran anak-anak sungai kali Tuntang dan Kanal, sehinga luapan air dapat tertampung tidak menggenangi kawasan pantai wusata Istambul atau pemukiman masyarakat.

Pemuda Karang Taruna bagian dari potensi desa selalu terlibat aktif dalam pengembangan obyek wisata berbasis partisipasi masyarakat, termasuk dalam pengembangan pariwisata ini.

“Dengan berbekal penghargaan sebagai pemuda pelopor Kabupaten Demak 2020 kami mencoba mensosialisasikan potensi wisata Istambul dan mendorong pemuda desa untuk memaksimalkan potensi lingkungann yang sudah ada,” tuturnya.

Menggeliatnya potensi wisata Istambul didengar salah seorang anggota DPR RI dari dalil Jateng II ( Demak, Kudus, Jepara), KH Rojih Uban Maemun yang sudah mengunjungi lokasi ini.

“Beliau terpesona  dan mengatakan rugi kalau warga tidak menikmati keindahan Istambul ini melalui aktifitas ojek perahu track mangrove dan menikmati hamparan pantai yang begitu indah,” ujarnya. (smh )

* Artikel ini telah dibaca 49 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *