Home > HEADLINE > UPGRIS Gelar Dies Natalis Ke-39 Secara Virtual

UPGRIS Gelar Dies Natalis Ke-39 Secara Virtual

SEMARANG[Kampusnesia] – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar pembukaan Dies Natalis ke-39 secara virtual. Pelaksanaan kegiatan itu berlangsung di Balairung UPGRIS, Selasa (23/6).

Kegiatan dihadiri Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum dan jajaran pejabat UPGRIS. Dies Natalis disiarkan secara live melalui chanel youtube dan instagram.

Rektor UPGRIS Muhdi mengatakan di usia 39 bagi seseorang merupakan usia mencapai kematangan, sehingga Dies Natalis yang diperingati setiap 23 Juli diharapkan menjadi tonggak untuk terus memacu semangat di saat usia terus bertambah.

“’Pada perayaan Dies Natalis tahun ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena ada pandemi Covid-19. Saya berharap ini tidak mengurangi makna dari perayaan Dies Natalis ke-39 ini,” ujar Muhdi.

Menurutnya, tema pada Dies Natalis kali ini dengan mengusung ”UPGRIS peduli dan berinovasi di tengah pandemi”. Tema ini dinilai sangat relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Dosen dan mahasiswa, lanjutnya, sudah bergerak cepat soal kepedulian terhadap adanya pandem Covid-19, di antaranya menciptakan beberapa alat yang sangat membantu untuk petugas medis dalam bekerja menangan Covid-19.

Kreativitas dalam masa seperti ini, tutur Muhdi, diperlukan agar penularan virus Corona tidak semakin meluas. Bahkan salah satu produk yang diciptakan ventilator (alat bantu nafas) berbasis IoT (Internet of Things).

Dia menuturkan alat bantu pernafasan tersebut telah memiliki sensor tekanan oksigen, sensor aliran oksigen, sensor detak jantung dan sensor suhu yang dapat mengatur tekanan dan aliran oksigen secara otomatis sesuai dengan settingan dokter, sehingga menjaga kestabilan alat bantu pernafasan dan menjadikan pasien lebih merasa aman.

Selain itu, dia menambahkan mahasiswa pendidikan biologi juga telah menciptakan produk hand sanitizer yang diberi nama Santik Kana dengan bahan baku kulit kacang tanah.

Menurutnya, dari sisi pembelajaran juga terus dilakukan dengan media daring, sehingga  mahasiswa tetap bisa menerima bahan pembelajaran dan masa studi tidak terganggu.

Sedangkan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Dies Natalis ini di antaranya webinar kesiapan pembelajaran di era new normal,  grand final pemilihan Putra Putri Kampus, doa bersama untuk para pendiri dan mantan rektor.

Tidak hanya itu, tutur Muhdi, kegiatan juga digelar pula lomba e-sport tingkat SMA/SMK/Sederajat dan webinar kesiapan pembelajaran untuk tingkat Perguruan Tinggi. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 8 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *