Home > HEADLINE > Sejak Dibuka Kembali, Semarang Zoo Mulai Dikunjungi Wisatawan

Sejak Dibuka Kembali, Semarang Zoo Mulai Dikunjungi Wisatawan

SEMARANG[Kampusnesia] – Semarang Zoo tempat wisata di Kota Semarang mulai dipenuhi pengunjung, sejak dibuka kembali pada 15 Juli lalu hingga Minggu 17 Juli telah mencatat pengunjung sebanyak 2.000 wisatawan.

Tempat wisata itu sempat ditutup selama hampir tiga bulan akibat pandemi Covid-19 dan mulai beroperadi kembali pada 15 Juli lalu, dengan menerapkan ketat protokol kesehatan.

Plt Direktur Semarang Zoo Indriyasari mengatakan antusias masyarakat pengunjung cukup bagus responya dan menerima untuk menaati protokol kesehatan selama measuki areal Semarang Zoo.

“Selama empat hari dari 15 Juli hingga 19 Juli data pengunjung mencapai 2.000 wisatawan dengan rincian apada  15 Juli sebanyak 57 pengunjung, 16 Juli sebanyak 48 pengunjung, 17 Juli  123 pengunjung, 18 Juli 357 pengunjung dan 19 Juli mencapai sebanyak 1.254 pengunjung. Semua masih wisatawan lokal,” ujarnya, Senin (20/7).

Menurutnya, kunjungan wisatawan itu berbeda dibandingkan sebelum pandemi, karena sebelum pandemi pungunjung bisa mencapai 20.000 pengunjung. Pada saat pandemi ini mengalami penurunan dratis.

“Kami tidak menargetkan pengunjung yang banyak melainkan bagaimana menjaga pengunjung ini tetap nyaman dikebun binatang ini di tengah masa panedmi Covid-19 ini,” tutur Iin panggilan akrab Indriyasari.

Bahkan, lanjutnya, pihaknya akan melakukan evaluasi beberapa minggu ke depan untuk menambah inovasi dari Semarang zoo, sebagai upaya agar menjadi daya tarik para pengunjung. Seperti contoh menambah satwa yang bisa berinteraksi dengan masyarakat.

Iin menuturkan akan terus berupaya mengingatkan kepada pengunjung agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Tidak perlu khawatir berwisata di Semarang Zoo. Yang penting selalu pakai masker dan selalu jaga jarak (physical distancing),” ujarnya.

Protokol tersebut diterapkan sejak dari gerbang masuk. Pengunjung yang akan masuk terlebih dahulu diminta untuk cuci tangan di tempat yang telah tersedia.

Kemudian, petugas akan memeriksa suhu tubuh setiap pengujung. Seluruh pengunjung harus mengenakan masker dan tidak boleh berada dalam kondisi sakit.

Area antrean tiket di loket masuk pun sudah di beri tanda jaga jarak antar pengunjung. Di beberapa titik area ticketing juga disediakan hand sanitizer.

Pembayaran Semarangzoo juga sudah mulai non tunai. Pembayaran bisa melalui tapcash BNI, link aja, dan Gopay.

Di masa pandemi ini, Iin masih membuka lebar bagi komunitas ataupun pencinta satwa yang mau memberikan bantuan donasi pakan

“Para komunitas atupun masyarakan guna menunjukkan kecintaannya kepada satwa yang ada disini, silahkan datang saja kordinasi dengan kami, dan kami siap menerima anda dan monggo kita gerakkan sayang satwa,” tuturnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 8 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *