Home > HEADLINE > Masjid Baiturrahman Manfaatkan Besek Untuk Bungkus Daging Korban

Masjid Baiturrahman Manfaatkan Besek Untuk Bungkus Daging Korban

                                     Ketua Takmir MRB Jateng KH Dr Multazam Ahmad MA

SEMARANG[Kampusnesia] – Panitia Korban Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah (MRB Jateng) akan memanfaatkan besek (keranjang kecil berbahan anyaman bambu) untuk membungkus daging hewan korban yang akan dibagikan sehari setelah pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 H, atau hari Sabtu (1/8).

Ketua Takmir MRB Jateng KH Dr Multazam Ahmad MA mengatakan pemanfaatkan besek untuk mengemas daging kurban ini merupakan wujud partisipasi masjid dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam upaya mengurangi produksi sampah plastik.

“Saat ini produksi sampah plastik dari masyarakat setiap hari masih menggunung,ini sangat memprihatinkan sekali karena sampah plastik tidak ramah lingkungan,” ujar kiai Multazam disela memimpin persiapan pelaksanaan rangkaian kegiatan hari raya korban 1441 di MTB Jateng, Kamis (30/7).

Menurutnya, karena itulah daging korban yang akan disalurkan nanti dikemas dalam besek, karena  bungkus atau kemasan yang terbuat dari anyaman bambu ini sangat ramah lingkungan jika sudah tidak terpakai atau berubah menjadi sampah.

Penggunaan besek ini, lanjutnya sekaligus untuk mendayagunakan potensi kerajinan rakyat. Saat ini panitia korban MRB Jateng sudah menyiapkan 1.500  buah besek yang siap digunakan untuk membungkus daging korban

Dia menambahkan rangkaian kegiatan Idul Adha yang disiapkan MRB Jateng menyiapkan tiga kegiatan dalam rangka menyongsong Idul Adha 1441 H, meliputi sholat Idul Adha, Penyembelihan hewan korban dan Pembagian/Penyaluran daging korban ke masyarakat.

Sholat Idul Adha, tutur Multazam, akan dilaksanakan di ruang utama dan halaman masjid dengan menerapkan protokol kesehatan pada hari Jum’at (31/7) pukul 06.30 WIB. Sedangkan penyembelihan dan pembagian daging kurban dijadwalkan pada hari Sabtu (1/8) atau sehari setelah Idul Adha, tepatnya hari pertama tasyrek.

Hingga Kamis (30/7) sore jumlah hewan korban yang akan disembelih di MRB Jateng sebanyak 29 ekor meliputi 7 ekor sapi dan 22 kambing. Untuk proses penyembelihan, pengeletan dan penyacahan daging akan ditangani oleh jagal atau petugas khusus dari Rumah Pemotongan Hewan ( RPH ) Semarang.

Menurutnya, jadwal penyembelihan hewan korban akan dilaksanakan Sabtu pukul 09.00 WIB. Imam Sholat Rawatib MRB Jateng KH Sururi Munajat Al Hafidz akan mengawali prosesi penyembelihan.

“Upaya untuk menghindari terjadinya kerumunan massa, panitia tidak mengagendakan pembagian daging di masjid, tetapi daging korban akan diantar ke masing-masing tempat tinggal warga penerima,” tuturnya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 8 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *