Home > HEADLINE > Ganjar Mintan Guru Dapat Pahami Psikologi Anak Didik Di Masa Pandemi

Ganjar Mintan Guru Dapat Pahami Psikologi Anak Didik Di Masa Pandemi

SALATIGA[Kampusnesia] – Gubenur Jateng Ganjar Pranowo meminta para guru agar memahami dan mengerti Psikologi anak-anak didik ditengah masa pandemi Covid-19, yang masih mengharuskan pembelajaran daring.

Menurutnya, di tengah masa pandemi Covid-19 guru harus mengubah pola belajar dan diperlukan berbagai inovasi.

“Inovasinya, bagaimana berjarak, bagaimana tidak mau salaman, adaptasi kebiasaan baru ini perlu. Guru bisa datang ke siswa dengan menerapkan protokol. Ini tradisi yang sangat luar biasa,” ujarnya saat mengunjungi sebuah sekolahan di Salatiga, Kamis (6/8).

Turut menyambut Gubenur, Wali Kota Salatiga Yuliyanto serta Kepala Dinas Pendidikan Yuli Ambarwati.

Sementara, ketika menyingung kehadirannya ke Salatiga Gubenur menilai Salatiga memiliki keunikan.

“Kotanya cilik, dengan hanya empat kecamatan. Bahkan di Salatiga ada keragaman, suku, budaya, dan ada Indonesia kecil. Rasa Bhineka Tunggal Ika sangat terasa. Tapi kehangatan perlu dirawat dengan baik. Anggaran beberapa pun tidak bisa merawat ini,” tuturnya.

Alasan lain keinginan datang ke Salatiga, karena Ganjar menerima surat dari seorang siswa bernama Kayla.

“Saya ingin datang karena surat dari Kayla, anak dari Salatiga. Magnet saya untuk datang. Anak yang cerdas untuk saya datangi. Anak-anak yang menunjukkan punya cita-cita, ada fisi, ada harapan dan ada impian bisa kelihatan,” ujarnya.

Senyum bahagia pun langsung terpancar di wajah Brigitta Kayla Clarissa Alethea,7, salah satu siswa SD Marsudirini 77 Salatiga. Bagaimana tidak, di hadapannya berdiri sosok yang diidolakannya, yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kayla telah menuliskan surat kepada Ganjar dan berharap Ganjar datang ke sekolahnya untuk melaunching buku cerpen karyanya dan teman-teman lain berjudul Kumpulan Cerita Anak, Kisah Perjalananku.

“Sebelumnya aku memang kirim surat ke Pak Gubernur supaya datang ke sini buat launching buku karyaku dan teman-teman. Ini buku tentang cerita-cerita kami,” tutur Kayla antusias.

Bocah cantik yang bercita-cita jadi youtuber itu tak menyangka, suratnya dibalas dengan kedatangan Ganjar secara langsung. Sebelumnya, dia tidak dikabari bahwa Ganjar benar-benar datang.

“Seneng sekali, karena bisa lihat langsung pak Ganjar. Terus nanti mau minta foto bersama. Semoga pak Ganjar bisa datang lagi ke sini dan semoga pak Ganjar sehat selalu,” ujarnya.

Proses launching buku cerpen karya anak-anak SD Marsudirini 77 Salatiga itu berlangsung meriah. Dengan protokol kesehatan ketat, proses launching itu hanya dihadiri 6 dari 72 penulis buku, sementara penulis lain berada di rumah.

Buku setebal 72 halaman itu berisi cerita-cerita pengalaman dari anak-anak kelas 2 SD Marsudirini 77 Salatiga. Cerita tentang kisah perjalanan saat liburan, kisah saat ulang tahun atau kisah menyenangkan selama sekolah dan bermain di rumah. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 8 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *