Home > HEADLINE > KPU Demak Tetapkan DPS Pilkada 2020

KPU Demak Tetapkan DPS Pilkada 2020

DEMAK[Kampusnesia] –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada Demak 2020 sejumlah 854.984 pemilih.

Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi mengatakan jumlah pemilih sebanyak itu tersebar di 2.206 TPS yang terdiri dari  427.426  pemilih laki – laki dan 427.558 pemilih perempuan.

“Setelah DPS ini ditetapkan, kami akan mengumumkannya melalui PPS,” ujar Bambang Setya Budi seusai  rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih sementara  pemilihan bupati dan wakil bupati Demak tahun 2020, Selasa (14/9)

Rapat pleno dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Demak, perwakilan partai politik serta para pemangku kepentingan. Rapat pleno tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurutnya, rapat pleno ini juga bisa diikuti secara daring melaui akun YouTube resmi KPU Demak. Salinan DPS akan diumumkan di kantor balai desa  dan tempat strategis lainya.

Pengumuman DPS, lanjutnya, dilaksanakan mulai 19 -28 September 2020. Selama kurun waktu 10 hari itu, PPS akan melaksanakan kegiatan uji publik, guna mendapatkan tanggapan dan masukan terkait dengan DPS.

Dia menambahkan KPU Demak memberikan kesempatan apabila masih terdapat pemilih yang memenuhi syarat tetapi belum masuk di DPS, dipersilakan melaporkannya ke PPS agar dimasukan menjadi pemilih baru.

Setelah DPS di umumkan, tutur Bambang, untuk mendapatkan tanggapan dan masukan maka dilanjutkan dengan tahapan perbaikan DPS oleh PPS selama lima hari dimulai 29 September  dan berakhir 3 Oktober 2020.

Dia menuturkan setelah dilanjutkan dengan rekapitulasi DPSHP berjenjang dan penetapan DPT oleh KPU Demak yang tahapanya berakhir pada 16 Oktober 2020.

“KPU Demak menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya kepada jajaran PPDP, PPS dan PPK yang telah melaksanakan tahapan mulai dari penyusunan A-KWK, coklit, penyusunan DPHP sampai pada rekapitulasi dan penetapan DPS,” tutur Bambang. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 12 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *