Home > EKONOMI & BISNIS > Perbaikan Peningkatan Infrastruktur Jadi Kunci Kemajuan Kota Semarang

Perbaikan Peningkatan Infrastruktur Jadi Kunci Kemajuan Kota Semarang

SEMARANG[Kampusnesia] – Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam Pilwakot Semarang 2020 menyebutkan jika pembenahan infrastruktur menjadi kunci perkembangan Kota Semarang dalam lima tahun terakhir.

Menurutnya, keyakinan itu didasari atas data kondisi Kota Semarang pada 2011, dimana kondisi infrastruktur yang kurang baik berdampak pada keengganan investor menanamkan invetasinya di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

“Akibatnya, laju perekonomian di Kota Semarang belum cukup kuat berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Hendi panggulan akrab Hendrar Prihadi saat menjadi narasumber pada Akademi Pemimpin Indonesia yang digelar oleh Partai Gelora Indonesia, Minggu (27/9).

Dengan demikian, Calon Wali Kota Semarang itu menuturkan jika pembenahan infrastruktur di Kota Semarang menjadi fokusnya pada awal kepemimpinan.

“Pada 2011 saya potret kondisi Kota Semarang, jalan rusak mencapai 54%, wilayah rawan banjir juga mencapai 41%, sehingga tidak pernah ada investasi masuk lebih dari nilai Rp1 triliun dalam satu tahun,” tuturnya.

Kondisi – kondisi tersebut, lanjutnya,  juga menyebabkan angka kemiskinan di Kota Semarang cederung tinggi, hingga berada pada angka 5,6%.

Hendi menambahkan barulah ketika kondisi infrastruktur berhasil ditingkat, investor mulai melirik Kota Semarang untuk menanamkan modalnya di berbagai sektor.

“Pada 2019 kita lihat, ketika jalan rusak tinggal 5,09%, dan PR penanangan wilayah banjir hanya tersisa 13,71% saja, investasi yang masuk ke Kota Semarang melonjak hingga Rp36,5 triliun dalam satu tahun,”  ujar  Hendi.

Bahkan, tutur Hendi, tren positif itulah yang kemudian mampu menekan angkan kemiskinan di Kota Semarang pada 2019 menjadi 3,98%, yang juga didukung upaya mendorong transformasi Kota Semarang menjadi kota pariwisata, agar semakin banyak peluang usaha yang bermunculan.

Sementara terkait fakta kemajuan Kota Semarang di tangan Hendi, Ketua Partai Gelora Indonesia Kota Semarang Danan Setiawan menyebut jika tren positif Kota Semarang harus dapat dipertahankan bersama.

“Tentu tahun ini menjadi pengalaman besar bagi kita semua, dimana kita dapat secara nyata berkontribusi membangun Semarang yang lebih hebat,” tutur Danan.

Untuk itu, dia menambahkan mohon Hendi juga bisa terus memberikan motivasi kepada Partai Gelora Indonesia agar dapat semakin bersemangat ikut membangun Kota Semarang. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 83 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *